Resep Ayam Ungkep untuk Digoreng

Resep Ayam Ungkep untuk Digoreng

Resep Ayam Ungkep untuk Digoreng

Apakah Anda mencari resep ayam ungkep yang lezat dan gurih untuk digoreng? Jika iya, beruntunglah Anda telah menemukan artikel ini! Ayam ungkep adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Proses pengungkepan membuat daging ayam menjadi lebih empuk dan meresap dengan bumbu-bumbu yang kaya rasa. Dalam resep ini, kami akan membagikan cara membuat ayam ungkep yang siap digoreng dengan bumbu-bumbu tradisional. Anda akan mendapatkan ayam yang berwarna kecokelatan dengan rasa yang begitu menggugah selera. Segera siapkan bahan-bahannya dan ikuti langkah-langkahnya!

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi bagian-bagian sesuai selera

- 5 siung bawang putih, haluskan

- 3 cm jahe, parut

- 2 lembar daun salam

- 2 batang serai, memarkan

- 1 sendok makan gula merah, sisir

- 1 sendok makan kecap manis

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh kaldu ayam bubuk

- 500 ml air

Pemilihan Ayam yang Tepat

Pemilihan ayam yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan hasil masakan yang lezat. Pastikan Anda memilih ayam yang segar dan berkualitas baik. Anda dapat memilih ayam kampung atau ayam potong sesuai dengan preferensi Anda. Jika memungkinkan, pilihlah ayam yang memiliki daging yang kenyal dan berwarna merah muda. Hal ini menandakan bahwa ayam tersebut masih segar dan memiliki tekstur yang bagus setelah diungkep dan digoreng.

Bumbu-Bumbu yang Diperlukan

Bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep ayam ungkep ini sangat sederhana dan mudah ditemukan di dapur Anda. Bawang putih dan jahe adalah bumbu utama yang memberikan aroma dan rasa khas pada ayam ungkep. Selain itu, daun salam dan serai juga memberikan tambahan aroma yang segar dan harum. Gula merah, kecap manis, garam, dan kaldu ayam bubuk digunakan untuk memberikan rasa gurih dan manis pada ayam ungkep. Jangan lupa untuk menambahkan air sebagai bahan utama untuk merebus ayam dan membuat bumbu meresap dengan sempurna.

Langkah-langkah:

1. Pertama, lumuri potongan ayam dengan bawang putih halus, jahe parut, garam, dan kaldu ayam bubuk. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap. Pastikan semua bagian ayam terbalut dengan bumbu secara merata.

2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, tumis bawang putih halus hingga harum. Tumis bawang putih dengan api kecil agar tidak terlalu cepat gosong. Setelah bawang putih harum, masukkan daun salam dan serai ke dalam wajan. Aduk-aduk sebentar agar aroma daun salam dan serai ikut terlepas ke dalam minyak.

3. Tambahkan potongan ayam yang sudah dilumuri bumbu ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu tumis dan pastikan semua potongan ayam terendam dalam minyak dan bumbu. Masak ayam dengan api sedang hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Pastikan semua sisi ayam terkena panas agar matang merata.

4. Selanjutnya, tambahkan air ke dalam wajan. Pastikan air cukup untuk merebus ayam dan membuat bumbu meresap dengan sempurna. Tambahkan juga gula merah, kecap manis, dan garam ke dalam air. Aduk rata agar semua bumbu tercampur dengan baik. Biarkan ayam ungkep mendidih dalam air bumbu selama 30-40 menit hingga daging ayam menjadi empuk dan bumbu meresap dengan sempurna.

5. Angkat ayam ungkep dari wajan setelah daging ayam empuk dan bumbu meresap dengan baik. Tiriskan ayam ungkep untuk menghilangkan sisa air dan minyak yang berlebih.

6. Ayam ungkep siap digoreng! Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang hingga panas. Goreng ayam ungkep hingga kecokelatan dan renyah. Pastikan minyak cukup banyak agar ayam terendam saat digoreng. Balik ayam secara teratur agar matang merata dan tidak gosong.

Penggorengan yang Tepat

Penggorengan yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan ayam ungkep yang sempurna. Pastikan minyak dalam wajan cukup banyak dan sudah benar-benar panas sebelum menggoreng ayam. Minyak yang panas akan membantu ayam matang dengan cepat dan menghasilkan kulit yang renyah. Jangan terlalu banyak menggoreng ayam dalam satu waktu agar suhu minyak tidak turun secara drastis. Balik ayam secara teratur dan pastikan semua sisi ayam terkena panas agar matang dengan sempurna.

Rating Agregat:

Resep ini telah mendapatkan rating rata-rata 4.5/5 berdasarkan ulasan dari pembaca kami. Banyak pembaca yang menyukai cita rasa gurih dan lezat dari ayam ungkep ini. Beberapa juga memberikan tips tambahan untuk memperkaya rasa, seperti menambahkan sedikit terasi atau merica bubuk pada bumbu ayam ungkep. Jangan ragu untuk mencoba variasi rasa sesuai dengan selera Anda!

Waktu Memasak:

Waktu memasak total untuk resep ini adalah sekitar 1 jam, termasuk waktu persiapan dan memasak. Pastikan Anda memiliki cukup waktu yang tersedia untuk membuat ayam ungkep ini agar hasilnya maksimal.

Informasi Nutrisi:

Setiap porsi ayam ungkep mengandung sekitar 250 kalori. Kandungan nutrisi dapat bervariasi tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan. Ayam ungkep ini mengandung protein yang tinggi dan lemak yang sehat. Anda dapat menambahkan sayuran sebagai pelengkap untuk mendapatkan makanan yang seimbang dan bergizi.

Waktu Persiapan:

Waktu persiapan untuk resep ini adalah sekitar 30 menit, termasuk waktu untuk merendam ayam dalam bumbu. Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan sebelum memulai proses pengungkepan dan penggorengan ayam.

Kategori Resep:

Resep ini termasuk dalam kategori masakan Indonesia. Ayam ungkep adalah hidangan tradisional Indonesia yang telah ada sejak lama. Hidangan ini biasanya disajikan dalam acara-acara spesial atau sebagai hidangan sehari-hari di rumah. Dengan membuat ayam ungkep sendiri di rumah, Anda dapat menikmati cita rasa khas Indonesia tanpa harus pergi ke restoran.

Asal Masakan:

Ayam ungkep adalah masakan tradisional Indonesia yang telah ada sejak zaman dulu. Hidangan ini berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, tetapi sekarang telah dikenal dan disukai di seluruh Indonesia. Ayam ungkep biasanya disajikan dalam acara-acara spesial seperti pernikahan, ulang tahun, atau lebaran. Hidangan ini juga sering dijadikan sebagai lauk sehari-hari di rumah.

Hasil dari Resep:

Resep ini akan menghasilkan sekitar 4-6 porsi ayam ungkep yang siap digoreng. Jumlah porsi dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat lebih banyak, cukup tingkatkan jumlah bahan sesuai proporsi yang diinginkan. Pastikan Anda memiliki wadah atau tempat penyimpanan yang cukup untuk menyimpan ayam ungkep yang tidak langsung digoreng.

Total Waktu:

Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat ayam ungkep ini adalah sekitar 1 jam dan 30 menit, termasuk waktu persiapan, memasak, dan menggoreng. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan dan memasak hidangan ini dengan teliti. Dalam proses pengungkepan, Anda perlu memberikan waktu yang cukup agar bumbu meresap dengan baik ke dalam daging ayam.

Demikianlah resep ayam ungkep untuk digoreng yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga hidangan ini dapat menggugah selera Anda dan keluarga. Ayam ungkep yang gurih dan lezat ini cocok disajikan sebagai hidangan utama dalam acara keluarga atau acara spesial lainnya. Anda juga dapat mengombinasikannya dengan nasi putih hangat dan sayuran rebus sebagai pelengkap. Selamat memasak!

Related video of Resep Ayam Ungkep untuk Digoreng

Posting Komentar