Resep Ayam Bakar Pedas Artomoro

Resep Ayam Bakar Pedas Artomoro

Resep Ayam Bakar Pedas Artomoro

Apakah Anda pecinta makanan pedas? Jika iya, maka resep ayam bakar pedas artomoro ini harus Anda coba! Ayam bakar pedas artomoro adalah hidangan khas Indonesia yang memiliki rasa pedas yang menggugah selera. Dengan bumbu-bumbu yang khas dan cara memasak yang sederhana, Anda dapat membuat hidangan ini di rumah dengan mudah.

Ayam bakar pedas artomoro memiliki cita rasa yang khas dan unik. Bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep ini memberikan sentuhan pedas yang lezat, namun tetap menyegarkan. Ayam yang dipanggang dengan sempurna membuat dagingnya tetap juicy dan lezat. Selain itu, aroma dari bumbu-bumbu yang digunakan akan membuat siapapun yang menciumnya langsung tergoda untuk segera mencicipinya.

Untuk membuat ayam bakar pedas artomoro, Anda akan membutuhkan beberapa bahan dan bumbu yang mudah ditemukan. Bahan utama yang Anda butuhkan adalah ayam, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kemiri, kencur, jahe, serai, daun jeruk, garam, gula, minyak goreng, dan air. Semua bahan tersebut dapat Anda temukan di toko-toko bahan makanan terdekat atau di pasar tradisional.

Ingredient

Resep ayam bakar pedas artomoro ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di pasaran. Bahan utamanya, tentu saja, adalah ayam. Anda dapat menggunakan ayam potong atau ayam utuh sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, bumbu-bumbu yang akan digunakan adalah bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kemiri, kencur, jahe, serai, daun jeruk, garam, gula, minyak goreng, dan air.

Ayam

Pilihlah ayam segar dan berkualitas baik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Anda dapat menggunakan ayam potong atau ayam utuh sesuai dengan selera. Pastikan ayam yang Anda pilih telah dibersihkan dengan baik sebelum digunakan dalam resep ini.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih adalah bumbu dasar yang digunakan dalam banyak masakan Indonesia. Keduanya memberikan aroma dan rasa yang khas. Iris bawang merah tipis-tipis agar lebih mudah meresap ke dalam daging ayam. Cincang bawang putih halus untuk memberikan rasa yang merata.

Cabe Rawit

Cabe rawit adalah bumbu yang memberikan rasa pedas pada ayam bakar pedas artomoro. Anda dapat menyesuaikan jumlah cabe rawit yang digunakan sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan. Jika Anda tidak terlalu tahan pedas, bisa mengurangi jumlah atau menghilangkan biji cabe rawit sebelum mengirisnya.

Kemiri, Kencur, dan Jahe

Tiga bumbu ini memberikan aroma dan rasa yang khas pada ayam bakar pedas artomoro. Sangrai kemiri terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengeluarkan aroma dan rasa yang khas. Iris kencur dan jahe tipis-tipis agar rasa dan aromanya dapat meresap ke dalam daging ayam.

Serai dan Daun Jeruk

Serai dan daun jeruk adalah bumbu yang memberikan aroma segar pada ayam bakar pedas artomoro. Memarkan serai agar aroma dan rasa lebih keluar, dan gunakan daun jeruk segar untuk hasil yang terbaik. Anda juga dapat menggunakan daun jeruk kering jika tidak mendapatkan yang segar.

Garam dan Gula

Garam dan gula digunakan untuk menyempurnakan rasa ayam bakar pedas artomoro. Tambahkan garam secukupnya agar rasa gurih terasa, dan tambahkan gula secukupnya agar rasa pedas dan gurih lebih seimbang.

Minyak Goreng dan Air

Minyak goreng digunakan untuk menumis bumbu dan memanggang ayam. Gunakan minyak goreng yang bersih dan tidak terlalu banyak agar hasilnya tidak terlalu berminyak. Air digunakan untuk memasak ayam hingga matang dan bumbu meresap sempurna.

Instructions

Setelah Anda menyiapkan semua bahan yang diperlukan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat ayam bakar pedas artomoro yang lezat:

Persiapan Ayam

Pertama-tama, bersihkan ayam dengan air mengalir dan lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit agar daging ayam lebih empuk dan bersihkan kembali dengan air bersih. Hal ini penting untuk menghilangkan bau amis pada ayam dan membuatnya lebih segar.

Penghalusan Bumbu

Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, kemiri, kencur, dan jahe menggunakan blender atau ulekan. Pastikan bumbu-bumbu ini terhaluskan dengan baik agar rasa dan aroma dapat meresap ke dalam daging ayam secara merata. Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak goreng saat menghaluskan bumbu agar prosesnya lebih mudah.

Menumis Bumbu

Panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Pastikan Anda menumis bumbu dengan api sedang agar tidak terlalu cepat gosong. Aduk secara teratur agar bumbu tidak lengket pada wajan.

Memasak Ayam dengan Bumbu

Masukkan ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Pastikan semua bagian ayam terbalut dengan bumbu yang merata. Tambahkan serai, daun jeruk, garam, dan gula secukupnya. Aduk kembali hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit, jadi pastikan Anda terus mengaduk agar bumbu meresap dengan sempurna.

Pemasakan dengan Air

Tuang air secukupnya ke dalam wajan dan masak dengan api kecil hingga ayam matang dan bumbu meresap sempurna. Jika perlu, tambahkan air secukupnya agar bumbu tidak terlalu kering. Proses memasak ini membutuhkan kesabaran, karena ayam harus dimasak hingga benar-benar matang dan bumbu meresap dengan baik. Anda dapat menutup wajan dengan tutup agar proses pemasakan menjadi lebih cepat.

Panggang Ayam

Setelah ayam matang dan bumbu meresap, angkat ayam dari wajan dan panggang di atas bara api atau grill hingga berkulit renyah dan kecokelatan. Panggang ayam dengan api sedang agar tidak terlalu cepat gosong. Bolak-balikkan ayam secara teratur agar matang merata dan mendapatkan warna kulit yang cantik. Proses pemanggangan ini akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada ayam bakar pedas artomoro.

Aggregate Rating

Resep ayam bakar pedas artomoro ini mendapatkan rating 4.5 dari 5 bintang. Banyak yang mengatakan bahwa rasa pedasnya pas dan daging ayamnya lezat. Beberapa orang juga menambahkan bumbu tambahan seperti serai dan daun jeruk untuk memberikan aroma yang lebih segar. Rating ini didasarkan pada pengalaman orang-orang yang telah mencoba resep ini dan memberikan ulasan positif mengenai rasanya.

Cook Time

Waktu memasak untuk ayam bakar pedas artomoro ini sekitar 1 jam. Dibutuhkan waktu 15 menit

Cook Time (Lanjutan)

untuk persiapan dan 45 menit untuk memasak ayam dan bumbu hingga matang sempurna. Waktu memasak ini dapat sedikit bervariasi tergantung pada ukuran potongan ayam dan kekuatan api yang digunakan. Pastikan ayam matang secara menyeluruh dan dagingnya lembut sebelum Anda mengangkatnya dari pemanggangan.

Nutrition Calories

Satu porsi ayam bakar pedas artomoro mengandung sekitar 350 kalori. Meskipun mengandung kalori yang cukup tinggi, ayam bakar pedas artomoro juga merupakan sumber protein yang baik. Dalam satu porsi ayam bakar pedas artomoro, terdapat sekitar 30 gram protein. Protein adalah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, serta menjaga kesehatan otot dan sistem kekebalan tubuh.

Prepare Time

Waktu persiapan untuk resep ayam bakar pedas artomoro ini sekitar 15 menit. Anda hanya perlu membersihkan dan memotong ayam, serta menyiapkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan sebelum memulai proses memasak.

Recipe Category

Resep ayam bakar pedas artomoro ini termasuk dalam kategori hidangan utama atau makanan berat. Hidangan ini cocok disajikan untuk makan siang atau makan malam bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Ayam bakar pedas artomoro dapat dijadikan menu spesial untuk acara tertentu atau sebagai hidangan sehari-hari yang lezat dan bergizi.

Recipe Cuisine

Resep ayam bakar pedas artomoro merupakan hidangan khas Indonesia. Hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan unik dari rempah-rempah Indonesia yang digunakan dalam bumbu. Ayam bakar pedas artomoro merupakan salah satu contoh dari kekayaan kuliner Indonesia yang terkenal di dalam maupun di luar negeri. Rasakan kelezatan masakan Indonesia dengan mencoba resep ini di rumah.

Recipe Yield

Resep ini dapat menghasilkan sekitar 4 porsi ayam bakar pedas artomoro. Jumlah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Jika Anda ingin membuat lebih banyak atau lebih sedikit, Anda dapat mengatur proporsi bahan sesuai dengan yang diinginkan. Pastikan Anda memperhatikan proporsi bumbu agar rasa tetap enak dan seimbang.

Total Time

Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat ayam bakar pedas artomoro ini adalah sekitar 1 jam 15 menit. Waktu ini termasuk waktu persiapan, memasak, dan penyajian hidangan. Pastikan Anda memiliki cukup waktu yang tersedia sebelum memulai proses memasak agar Anda tidak terburu-buru dan dapat memasak dengan teliti dan santai.

Dengan resep ayam bakar pedas artomoro ini, Anda dapat menikmati hidangan pedas yang lezat di rumah. Rasa pedas yang pas dan kelezatan daging ayam yang juicy akan membuat Anda ketagihan untuk mencoba lagi. Sajikan hidangan ini bersama nasi hangat dan sambal terasi untuk pengalaman makan yang lebih nikmat. Selamat mencoba!

Related video of Resep Ayam Bakar Pedas Artomoro

Posting Komentar