Resep Ayam Bakar Solo dan Sambalnya

Resep Ayam Bakar Solo dan Sambalnya

Resep Ayam Bakar Solo dan Sambalnya

Apakah kamu ingin mencoba membuat ayam bakar solo yang lezat dan menggugah selera? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kami akan memberikan resep lengkap ayam bakar solo beserta sambalnya yang pasti akan membuat lidahmu bergoyang. Ayam bakar solo merupakan salah satu hidangan khas Jawa Tengah yang terkenal dengan cita rasanya yang khas dan bumbu yang menggugah selera. Jadi, yuk simak resep berikut ini!

Bahan-bahan

Ayam bakar solo terbuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapat. Bahan utamanya adalah 1 ekor ayam kampung yang dipotong menjadi beberapa bagian. Untuk bumbu marinasi, kamu akan membutuhkan 5 siung bawang putih yang dihaluskan, 3 cm jahe yang dihaluskan, 2 batang serai yang dimemarkan, 3 lembar daun salam, dan 3 lembar daun jeruk. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan kecap inggris, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh merica, 1 sendok teh gula merah serut, dan 2 sendok makan minyak goreng.

Ayam Berkualitas

Pilihlah ayam kampung yang segar dan berkualitas baik. Ayam kampung memiliki daging yang lebih kenyal dan lezat dibandingkan dengan ayam biasa. Pastikan ayam yang kamu beli masih segar dan tidak berbau. Sebaiknya, potong ayam menjadi beberapa bagian agar bumbu meresap dengan sempurna dan ayam bisa matang merata saat dipanggang.

Bumbu Marinasi

Bumbu marinasi adalah kunci dari cita rasa ayam bakar solo yang lezat. Dalam mangkuk besar, campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan, jahe yang sudah dihaluskan, serai yang sudah dimemarkan, daun salam, daun jeruk, kecap manis, kecap inggris, garam, merica, dan gula merah serut. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur dengan baik. Pastikan bumbu tercampur merata sehingga ayam bisa terendam dengan baik oleh bumbu saat dimarinasi.

Proses Marinasi

Setelah bumbu marinasi siap, masukkan potongan ayam ke dalam mangkuk berisi bumbu tersebut. Pastikan ayam terendam dengan baik oleh bumbu. Diamkan selama minimal 1 jam agar bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging ayam. Proses marinasi ini akan membuat ayam menjadi lebih lezat dan aromatik saat dipanggang. Jika kamu memiliki waktu lebih, biarkan ayam marinasi semalaman dalam lemari es untuk hasil yang lebih maksimal.

Instruksi

Setelah proses marinasi selesai, saatnya memanggang ayam bakar solo yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pemanasan Panggangan

Siapkan alat pemanggang atau panggangan. Panaskan panggangan dengan api sedang. Jika menggunakan panggangan listrik, set suhu pada 180 derajat Celsius. Pastikan panggangan sudah cukup panas sebelum memanggang ayam agar daging ayam matang merata dan kulitnya berwarna kecokelatan yang menggoda.

Olesan Minyak

Sebelum memanggang ayam, olesi panggangan dengan minyak goreng agar ayam tidak lengket saat dipanggang. Minyak juga akan memberikan kelembutan dan kelezatan pada kulit ayam yang terbakar.

Panggang Ayam

Panggang ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Pastikan ayam dipanggang dengan api sedang agar matang merata dan tidak terlalu kering. Bolak-balik ayam sesekali agar matang sempurna di setiap sisinya. Proses pemanggangan akan membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit tergantung pada ukuran potongan ayam dan panas panggangan. Jika kamu menggunakan panggangan listrik, panggang ayam selama 25-35 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.

Penyajian

Setelah matang, angkat ayam dan sajikan dengan sambalnya. Ayam bakar solo biasanya disajikan dengan nasi hangat dan lalapan seperti mentimun dan tomat segar. Sajikan juga sambal atau acar sebagai pelengkap untuk memperkaya rasa dan memberikan sensasi pedas yang lezat.

Sambal

Sambal adalah pelengkap yang tidak boleh terlewatkan saat menyantap ayam bakar solo. Sambal ini memiliki rasa pedas yang khas dan akan memberikan sensasi yang lebih nikmat saat disantap bersama ayam bakar. Berikut adalah resep sambalnya:

Bahan-bahan Sambal

Untuk membuat sambal, kamu membutuhkan 10 buah cabe rawit, 5 buah cabe merah besar, 3 siung bawang putih, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan minyak goreng, dan 1 sendok makan air jeruk nipis.

Penghalusan Bahan Sambal

Haluskan cabe rawit, cabe merah besar, dan bawang putih menggunakan blender atau cobek. Jika kamu lebih suka sambal yang lebih pedas, gunakan lebih banyak cabe rawit. Tambahkan bawang putih untuk memberikan aroma yang harum dan sedap.

Penggorengan Bahan Sambal

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang. Tumis bumbu dengan api kecil agar tidak terlalu cepat gosong. Tambahkan garam dan air jeruk nipis. Aduk rata. Tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera pedasmu.

Penyajian Sambal

Angkat sambal dan sajikan bersama dengan ayam bakar solo. Sambal ini akan memberikan rasa pedas yang membangkitkan selera makanmu. Jika kamu menyukai pedas, tambahkan sambal ini secukupnya pada makananmu. Selamat menikmati!

Rating Agregat

Resep ayam bakar solo dan sambalnya ini mendapatkan rating 5/5. Pengguna yang sudah mencobanya memberikan ulasan yang positif mengenai cita rasanya yang lezat dan bumbu yang meresap sempurna ke dalam daging ayam. Ayam bakar solo ini juga mendapatkan pujian karena kulit ayamnya yang renyah dan berwarna kecokelatan yang menggoda selera.

Waktu Memasak

Resep ini membutuhkan waktu memasak sekitar 60 menit. Waktu ini termasuk waktu persiapan, marinasi, dan pemanggangan ayam. Jika kamu memiliki waktu lebih, biarkan ayam marinasi semalaman untuk hasil yang lebih maksimal.

Nutrisi Kalori

Satu porsi ayam bakar solo mengandung sekitar 200 kalori. Jumlah kalori ini dapat berbeda tergantung pada ukuran potongan ayam dan jumlah bumbu yang digunakan. Namun, ayam bakar solo termasuk hidangan yang rendah lemak dan kaya protein, sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjaga pola makan sehat.

Waktu Persiapan

Waktu persiapan untuk membuat ayam bakar solo adalah sekitar 15 menit. Waktu ini termasuk waktu untuk memotong ayam, menyiapkan bumbu marinasi, dan mempersiapkan panggangan. Pastikan kamu menyiapkan semua bahan danperalatan sebelum memulai proses persiapan agar lebih efisien dan lancar.

Kategori Resep

Resep ayam bakar solo termasuk dalam kategori Makanan Utama. Hidangan ini bisa menjadi menu utama yang lezat dan mengenyangkan untuk keluarga atau tamu yang datang berkunjung. Ayam bakar solo juga sering disajikan di restoran-restoran Jawa Tengah untuk memperkenalkan kelezatan kuliner khas daerah tersebut.

Asal Resep

Ayam bakar solo merupakan hidangan khas dari Solo, Jawa Tengah. Solo adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kuliner tradisionalnya. Ayam bakar solo menjadi salah satu hidangan yang sangat populer di daerah ini dan sering dijadikan sebagai hidangan spesial dalam acara-acara tertentu seperti pernikahan atau selamatan.

Hasil Resep

Resep ayam bakar solo ini akan menghasilkan sekitar 6 porsi. Jumlah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika ada sisa ayam bakar, kamu bisa menyimpannya dalam kulkas dan menghangatkannya kembali saat ingin menyantapnya. Rasanya masih tetap lezat dan nikmat ketika dihangatkan kembali.

Demikianlah resep ayam bakar solo dan sambalnya yang bisa kamu coba di tahun 2023 ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk menyesuaikan bumbu dan waktu memasak sesuai dengan selera dan preferensimu. Selamat menikmati hidangan lezat ini bersama keluarga tercinta!

Related video of Resep Ayam Bakar Solo dan Sambalnya

Posting Komentar