Resep Ayam Bakar Kalasan Kecap Bango

Resep Ayam Bakar Kalasan Kecap Bango

Resep Ayam Bakar Kalasan Kecap Bango

Ayam bakar Kalasan adalah salah satu hidangan khas Yogyakarta yang terkenal dengan cita rasa manis dan gurihnya. Dalam resep ini, kita akan menggunakan kecap Bango untuk memberikan tambahan rasa yang lezat pada ayam bakar Kalasan. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat mencoba membuat hidangan ini di rumah. Mari kita mulai!

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian- 5 siung bawang merah, haluskan- 3 siung bawang putih, haluskan- 2 cm jahe, haluskan- 2 cm lengkuas, haluskan- 3 lembar daun salam- 3 lembar daun jeruk- 2 batang serai, memarkan- 4 sendok makan kecap Bango- 2 sendok makan gula merah, serut- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh merica bubuk- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Persiapan Ayam

Pertama-tama, bersihkan ayam dengan air bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas kembali dengan air bersih. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada ayam dan membuatnya menjadi lebih segar.

Penggorengan Ayam

Setelah ayam dibersihkan, panaskan minyak goreng dalam wajan yang dalam. Pastikan minyak cukup panas agar ayam dapat digoreng dengan baik dan tidak menyerap terlalu banyak minyak. Goreng ayam hingga berubah warna menjadi kecokelatan dan matang. Pastikan semua sisi ayam tergoreng dengan sempurna untuk menghasilkan tekstur yang renyah dan lezat.

Pembuatan Bumbu

Setelah ayam digoreng, kita akan membuat bumbu yang akan memberikan rasa khas pada ayam bakar Kalasan. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas hingga harum. Proses menumis ini akan mengeluarkan aroma yang sedap dan membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging ayam.

Penggunaan Bahan Aromatik

Setelah bumbu ditumis, masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Aduk rata agar bumbu dan bahan aromatik tercampur dengan baik. Daun salam dan daun jeruk memberikan aroma yang khas dan segar pada ayam bakar Kalasan, sedangkan serai memberikan sentuhan citarasa yang unik.

Pengolahan Ayam dengan Bumbu

Tambahkan ayam yang telah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu sehingga ayam terbalut dengan sempurna. Pastikan setiap potongan ayam terlapisi oleh bumbu yang kaya rasa. Jangan lupa untuk mengaduk perlahan agar ayam tidak hancur.

Pemberian Rasa Manis

Tuangkan kecap Bango ke dalam wajan. Kecap Bango memiliki rasa yang khas dan manis yang akan menambah kenikmatan pada ayam bakar Kalasan. Aduk rata hingga ayam terbalut dengan baik oleh kecap. Rasakan perpaduan rasa manis dan gurih yang menggoda selera.

Penyempurnaan Rasa

Tambahkan gula merah, garam, dan merica bubuk sesuai dengan selera. Aduk kembali hingga bumbu merata. Gula merah memberikan rasa manis yang alami, garam memberikan rasa gurih, dan merica bubuk memberikan sedikit kepedasan yang menyegarkan. Pastikan semua bumbu tercampur dengan rata untuk mendapatkan cita rasa yang seimbang.

Pemasakan Ayam Bakar Kalasan

Masak ayam dengan api kecil selama sekitar 30-40 menit atau hingga bumbu meresap dan ayam matang sempurna. Proses memasak dengan api kecil akan membuat bumbu meresap dengan baik ke dalam daging ayam, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kaya dan lezat. Jika perlu, sesekali aduk ayam agar matang merata dan tidak gosong.

Rating Rata-rata:

4.8 / 5 (berdasarkan 100 ulasan)

Waktu Memasak:

30-40 menit

Informasi Nutrisi:

1 porsi ayam bakar Kalasan mengandung sekitar 350 kalori. Kandungan nutrisi ini dapat berbeda tergantung pada ukuran potongan ayam dan jumlah bumbu yang digunakan. Namun, secara umum, hidangan ini kaya akan protein dan lemak sehat. Ayam juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, vitamin B, dan selenium.

Waktu Persiapan:

15 menit

Kategori Resep:

Masakan Indonesia

Asal Makanan:

Yogyakarta, Indonesia

Porsi Resep:

4 porsi

Total Waktu:

1 jam

Ayam bakar Kalasan kecap Bango adalah hidangan yang menggugah selera dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Dengan resep ini, Anda dapat mencoba membuat hidangan yang lezat dan khas dari Yogyakarta di rumah. Ayam yang digoreng hingga kecokelatan dan matang, lalu disajikan dengan bumbu yang kaya rasa, memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan.

Selain rasa yang lezat, ayam bakar Kalasan juga memiliki nilai gizi yang baik. Ayam merupakan sumber protein yang penting bagi pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Selain itu, ayam juga mengandung lemak sehat dan berbagai nutrisi seperti zat besi dan vitamin B. Dengan mengolah ayam menjadi hidangan yang lezat dan sehat seperti ayam bakar Kalasan, Anda dapat memanjakan lidah sekaligus menjaga kesehatan.

Resep ini menggunakan kecap Bango sebagai bumbu utama, yang memberikan rasa manis dan gurih pada ayam bakar Kalasan. Kecap Bango memiliki cita rasa yang khas dan kualitas yang terjamin, sehingga menambah kenikmatan hidangan ini. Tambahkan gula merah, garam, dan merica bubuk untuk memberikan sentuhan rasa yang lebih kompleks dan seimbang.

Saat menyajikan ayam bakar Kalasan, Anda dapat menambahkan nasi putih hangat dan lalapan segar seperti mentimun dan tomat. Lalapan segar memberikan kesegaran dan keseimbangan pada hidangan yang gurih. Jangan lupa hidangkan dengan sambal atau kecap manis sebagai pelengkap yang memberikan sensasi pedas dan manis yang pas.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ayam bakar Kalasan kecap Bango ini di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, langkah-langkah yang sederhana, dan rasa yang lezat, hidangan ini akan menjadi favorit di meja makan Anda. Selamat mencoba!

Related video of Resep Ayam Bakar Kalasan Kecap Bango

Posting Komentar