Resep Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis

Resep Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis

Resep Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis

Siapa yang tidak menyukai hidangan ayam bakar? Apalagi jika ayam bakar tersebut memiliki rasa pedas dan manis yang menggoyang lidah. Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Dalam resep ini, ayam dipanggang dengan bumbu ungkep yang kaya akan rasa pedas dan manis, menciptakan kombinasi yang sempurna untuk menggugah selera.

Bumbu ungkep pada ayam bakar ini terdiri dari campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Bumbu-bumbu ini akan memberikan aroma yang harum dan cita rasa yang lezat pada ayam bakar Anda. Selain itu, tambahan gula merah dan kecap manis juga memberikan sentuhan manis yang menyelaraskan dengan rasa pedasnya.

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi bagian-bagian
- 10 cabai merah besar
- 5 bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 4 butir kemiri
- 2 batang serai, memarkan
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 1 sendok makan gula merah, serut
- 3 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- 500 ml air

Ayam yang digunakan dalam resep ini bisa berupa ayam potong atau ayam utuh yang telah dibersihkan dan dipotong menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan selera. Jika Anda menyukai bagian dada, paha, atau sayap, sesuaikan dengan preferensi Anda. Pastikan ayam yang digunakan segar agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Bumbu-bumbu utama dalam resep ini adalah cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri. Cabai merah digunakan untuk memberikan rasa pedas pada ayam bakar, sedangkan bawang merah dan bawang putih memberikan aroma dan rasa yang khas. Jahe dan kemiri juga memberikan sentuhan yang spesial dan meningkatkan cita rasa ayam bakar. Selain itu, serai, daun salam, dan daun jeruk juga digunakan untuk memberikan aroma yang segar dan harum pada ayam bakar.

Cara Membuat:

1. Pertama, haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri menggunakan blender atau ulekan. Jika perlu, tambahkan sedikit air untuk mempermudah proses penghalusan. Pastikan bumbu halus yang dihasilkan benar-benar halus dan homogen untuk menciptakan rasa yang merata pada ayam bakar.

2. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan gula merah, kecap manis, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan pastikan semua bumbu tercampur dengan baik.

3. Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk hingga terbalut rata dengan bumbu. Pastikan setiap bagian ayam terendam bumbu untuk mendapatkan rasa yang meresap sempurna. Tuangkan air dan biarkan mendidih.

4. Tutup wajan dan masak ayam dengan api kecil selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga ayam matang dan bumbu meresap sempurna. Sesekali aduk-aduk ayam agar bumbu merata dan tidak gosong. Jika diperlukan, tambahkan air secukupnya agar bumbu tidak terlalu kering.

5. Setelah matang, angkat ayam bakar ungkep pedas manis dan sajikan dengan nasi hangat serta lalapan segar seperti mentimun dan tomat. Anda juga dapat menambahkan sambal untuk memberikan rasa pedas yang lebih intens.

Rating Agregat:

Resep Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis ini telah mencuri perhatian banyak orang dan mendapatkan rating agregat yang tinggi. Berdasarkan ulasan pengguna yang telah mencobanya, hidangan ini mendapatkan rating 4,5 dari 5 bintang. Banyak yang mengakui bahwa hidangan ini memiliki rasa yang sangat lezat dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.

Pengguna yang mencoba resep ini mengungkapkan kepuasannya karena ayam bakar ini memiliki rasa yang begitu meresap dan bumbu yang terasa harmonis. Mereka juga menyoroti kelezatan ayam yang empuk dan renyah di bagian kulitnya. Beberapa pengguna bahkan mengatakan bahwa resep ini telah menjadi favorit keluarga mereka dan mereka sering kali membuatnya untuk acara makan bersama.

Waktu Memasak:

Waktu memasak untuk resep Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis ini adalah sekitar 30-40 menit, termasuk waktu persiapan bahan dan proses memasak. Waktu ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan dan intensitas api saat memasak. Pastikan untuk memasak ayam dengan hati-hati dan periksa keadaannya secara teratur agar tidak terlalu matang atau gosong.

Informasi Gizi:

Resep ini menghasilkan sekitar 4-6 porsi Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis. Setiap porsi memiliki kandungan kalori sekitar 350-400 kalori, tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan. Selain itu, ayam juga mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot, serta vitamin dan mineral penting seperti zat besi dan vitamin B12.

Namun, perlu diingat bahwa informasi gizi dapat bervariasi tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dan metode memasak yang diterapkan. Jika Anda memiliki kebutuhan gizi khusus atau memperhatikan asupan kalori, disarankan untuk mengonsultasikan dengan ahli gizi atau dokter Anda.

Waktu Persiapan:

Waktu persiapan untuk resep Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis adalah sekitar 20-30 menit, termasuk waktu untuk membersihkan dan memotong ayam serta menyiapkan bumbu-bumbu. Pastikan untuk mencuci ayam dengan bersih sebelum digunakan dan memotongnya dengan hati-hati agar sesuai dengan preferensi Anda.

Kategori Resep:

Resep ini termasuk dalam kategori "Hidangan Utama" yang cocok disajikan saat makan siang atau makan malam. Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis ini dapat dijadikan hidangan utama yang lezat dan bergizi untuk keluarga Anda. Anda dapat menyajikannya dengan nasi hangat, lalapan segar, dan sambal untuk menambahkan sensasi makan yang lebih nikmat.

Cobalah resep Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis ini sebagai variasi hidangan ayam bakar yang biasa Anda nikmati. Rasakan kelezatan rasa pedas dan manis yang menyatu sempurna dalam setiap gigitan. Nikmati hidangan ini bersama keluarga tercinta dan buat momen makan bersama semakin berkesan. Selamat mencoba!

Related video of Resep Ayam Bakar Ungkep Pedas Manis

Posting Komentar