Resep Ayam Goreng Basah Ciganea

Resep Ayam Goreng Basah Ciganea

Resep Ayam Goreng Basah Ciganea

Apakah Anda mencari resep ayam goreng yang lezat dan berbeda? Resep ayam goreng basah ciganea adalah pilihan yang sempurna untuk Anda coba. Dengan rasa gurih dan tekstur yang renyah, hidangan ini akan memanjakan lidah Anda.

Ayam goreng basah ciganea adalah hidangan tradisional yang berasal dari daerah Ciganea di Indonesia. Bumbu yang digunakan dalam resep ini memberikan rasa yang khas dan unik. Ayam diolah dengan cara yang berbeda, membuatnya lebih lembut dan juicy dibandingkan dengan ayam goreng pada umumnya. Proses penggorengan yang dilakukan dengan hati-hati juga membuat ayam menjadi renyah di luar namun tetap juicy di dalam.

Rahasia Rasa Gurih Ayam Goreng Basah Ciganea

Salah satu rahasia rasa gurih ayam goreng basah ciganea terletak pada bumbu yang digunakan. Bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun salam menjadi bumbu utama yang memberikan aroma dan rasa yang khas pada hidangan ini. Bawang merah yang diiris tipis memberikan aroma yang sedap saat ditumis bersama bumbu lainnya. Bawang putih yang dihaluskan memberikan rasa yang kuat dan sedikit pedas, sementara jahe dan lengkuas memberikan sentuhan segar dan sedikit pedas yang menyegarkan lidah.

Selain itu, tambahan daun jeruk dan daun salam juga memberikan aroma yang harum dan khas pada ayam goreng basah ciganea. Daun jeruk memberikan aroma citrus yang menyegarkan, sementara daun salam memberikan aroma yang kaya dan khas. Kombinasi bumbu-bumbu ini menjadi rahasia utama untuk menciptakan rasa gurih yang lezat pada ayam goreng basah ciganea.

Tekstur Lembut dan Juicy Ayam Goreng Basah Ciganea

Salah satu keunikan dari ayam goreng basah ciganea adalah tekstur lembut dan juicy pada daging ayamnya. Hal ini dikarenakan proses pengolahan yang berbeda dengan ayam goreng pada umumnya. Setelah ayam terbalur dengan bumbu dan dimasak dengan api kecil selama 30 menit, ayam kemudian digoreng dengan minyak panas hingga kuning kecokelatan dan renyah.

Proses penggorengan yang hati-hati ini membuat daging ayam tetap juicy di dalam namun tetap renyah di luar. Minyak panas yang digunakan untuk menggoreng ayam juga memberikan efek crispy pada kulit luar ayam. Dengan kombinasi tekstur lembut dan renyah ini, ayam goreng basah ciganea menjadi hidangan yang nikmat untuk dinikmati.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk menciptakan hidangan ayam goreng basah ciganea yang lezat, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan utama. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian

- 3 siung bawang merah, iris tipis

- 5 siung bawang putih, haluskan

- 2 cm jahe, parut

- 2 cm lengkuas, iris tipis

- 2 batang serai, memarkan

- 5 lembar daun jeruk

- 2 lembar daun salam

- 2 sdm kecap manis

- 1 sdm kecap asin

- 1 sdt garam

- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Memasak Ayam Goreng Basah Ciganea

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah memasak ayam goreng basah ciganea. Berikut adalah instruksi langkah demi langkah:

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng ayam dengan baik.

2. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun salam dalam minyak panas. Aduk-aduk hingga bumbu terasa harum.

3. Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk rata hingga ayam terbalut bumbu dengan baik. Pastikan setiap potongan ayam terlumuri bumbu dengan merata.

4. Tuangkan kecap manis dan kecap asin ke dalam wajan. Aduk kembali hingga bumbu merata dan tercampur dengan baik.

5. Tambahkan garam sesuai selera dan aduk rata. Garam akan memberikan rasa yang lebih gurih pada ayam goreng basah ciganea.

6. Tutup wajan dan biarkan ayam matang dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit. Proses memasak dengan api kecil ini akan membuat ayam menjadi empuk dan bumbu meresap dengan baik.

7. Setelah ayam matang, angkat ayam goreng basah ciganea dari wajan dan tiriskan. Pastikan ayam benar-benar ditiriskan agar tidak terlalu berminyak.

8. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang dalam. Pastikan minyak cukup panas sebelum menggoreng ayam.

9. Goreng ayam dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan dan renyah. Pastikan ayam tergoreng dengan baik di kedua sisinya.

10. Angkat dan tiriskan ayam goreng basah ciganea dari minyak. Biarkan sebentar agar minyak berlebih dapat terserap.

11. Sajikan ayam goreng basah ciganea selagi hangat dengan nasi putih dan sambal. Hidangan ini cocok disajikan sebagai hidangan utama dalam acara keluarga atau makan malam bersama teman-teman.

Rating Agregat Resep Ayam Goreng Basah Ciganea

Resep ayam goreng basah ciganea ini telah mendapatkan rating tinggi dari para penggemar ayam goreng. Dengan rasa yang lezat dan bumbu yang khas, hidangan ini pasti akan memukau semua orang yang mencobanya. Para penikmat ayam goreng basah ciganea menggambarkan hidangan ini sebagai ayam yang lezat dengan rasa bumbu yang meresap hingga ke dalam daging ayam. Tekstur ayam yang lembut di dalam dan crispy di luar juga menjadi daya tarik utama dari hidangan ini.

Waktu Memasak dan Persiapan

Waktu memasak untuk resep ayam goreng basah ciganea ini sekitar 30 menit untuk memasak bumbu dan 30 menit lagi untuk menggoreng ayam. Total waktu memasak adalah sekitar 1 jam. Waktu persiapan untuk resep ini sekitar 15 menit untuk memotong bahan-bahan dan menyiapkan bumbu. Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat resep ayam goreng basah ciganea ini adalah sekitar 1 jam 15 menit, termasuk waktu persiapan dan memasak.

Nutrisi dan Kalori

Setiap porsi ayam goreng basah ciganea mengandung sekitar 300 kalori. Namun, jumlah kalori dapat bervariasi tergantung pada ukuran potongan ayam dan jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng. Selain itu, hidangan ini juga mengandung protein dari daging ayam, vitamin dari bumbu-bumbu yang digunakan, dan lemak dari minyak gorengyang digunakan. Meskipun mengandung lemak karena proses penggorengan, namun jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, ayam goreng basah ciganea masih dapat menjadi bagian dari pola makan yang seimbang dan bergizi.

Kategori dan Masakan Resep

Resep ayam goreng basah ciganea ini termasuk dalam kategori hidangan utama. Hidangan ini cocok disajikan sebagai menu utama dalam acara keluarga, makan malam bersama teman-teman, atau bahkan sebagai hidangan spesial dalam acara yang lebih formal. Dengan rasa yang lezat dan tampilan yang menggoda, ayam goreng basah ciganea akan menjadi pilihan yang tepat untuk membuat hidangan utama yang memorable bagi semua orang.

Resep ayam goreng basah ciganea ini merupakan masakan tradisional Indonesia. Dengan menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia dan teknik pengolahan yang khas, hidangan ini mempersembahkan cita rasa autentik Indonesia. Menyajikan hidangan ini juga dapat menjadi cara yang baik untuk memperkenalkan kekayaan kuliner Indonesia kepada orang-orang dari berbagai budaya dan latar belakang.

Hasil Resep dan Total Waktu

Resep ini menghasilkan sekitar 4 porsi ayam goreng basah ciganea. Namun, Anda dapat menyesuaikan jumlah bahan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin memasak untuk jumlah yang lebih banyak atau lebih sedikit, Anda dapat mengatur proporsi bahan sesuai dengan keinginan.

Waktu total yang dibutuhkan untuk membuat resep ayam goreng basah ciganea ini adalah sekitar 1 jam 15 menit, termasuk waktu persiapan dan memasak. Waktu ini dapat bervariasi tergantung pada kecepatan Anda dalam memotong bahan, menggoreng ayam, dan memasak bumbu. Namun, penting untuk memastikan bahwa ayam matang dengan sempurna dan bumbu meresap dengan baik untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Ayam goreng basah ciganea adalah hidangan yang lezat dan berbeda. Dengan bumbu khas dan cara pengolahan yang unik, ayam menjadi lembut, juicy, dan renyah. Hidangan ini cocok disajikan sebagai hidangan utama dalam acara keluarga atau makan malam bersama teman-teman. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba resep ayam goreng basah ciganea ini dan nikmati sensasi rasa yang tak terlupakan!

Related video of Resep Ayam Goreng Basah Ciganea

Posting Komentar