Resep Ayam Kecap Bawang Bombay Tanpa Digoreng

Resep Ayam Kecap Bawang Bombay Tanpa Digoreng

Resep Ayam Kecap Bawang Bombay Tanpa Digoreng

Apakah Anda mencari resep ayam kecap bawang bombay yang lezat dan sehat? Anda berada di tempat yang tepat! Pada tahun 2023 ini, kami akan membagikan resep ayam kecap bawang bombay yang nikmat dan mudah untuk Anda coba di rumah. Yang terbaik dari semua, resep ini tidak melibatkan proses penggorengan, sehingga lebih sehat untuk tubuh Anda. Jadi, mari kita mulai!

Bahan-Bahan:

Untuk membuat ayam kecap bawang bombay tanpa digoreng, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

- 500 gram daging ayam fillet, potong dadu

- 2 buah bawang bombay, iris tipis

- 5 siung bawang putih, cincang halus

- 4 sendok makan kecap manis

- 2 sendok makan saus tiram

- 1 sendok makan minyak wijen

- 1 sendok teh gula pasir

- 1 sendok teh merica bubuk

- Garam secukupnya

- Air secukupnya

Potongan Daging Ayam Fillet

Untuk resep ini, kami merekomendasikan menggunakan daging ayam fillet yang telah dipotong dadu. Daging ayam fillet memiliki tekstur yang lembut dan mudah diolah. Potong daging ayam fillet menjadi dadu agar lebih mudah dimasak dan meresap bumbu.

Irisan Bawang Bombay

Bawang bombay adalah bahan penting dalam resep ayam kecap bawang bombay ini. Iris bawang bombay tipis-tipis untuk memberikan aroma dan rasa yang lezat pada hidangan ini. Jika Anda tidak terlalu menyukai bawang bombay, Anda dapat mengurangi jumlahnya sesuai selera.

Bawang Putih Cincang Halus

Bawang putih memberikan rasa gurih dan aroma yang khas pada resep ayam kecap bawang bombay ini. Cincang bawang putih dengan halus agar bumbu lebih merata dan tercampur sempurna dengan daging ayam dan bawang bombay.

Kecap Manis dan Saus Tiram

Kecap manis dan saus tiram adalah bumbu utama dalam resep ini. Kecap manis memberikan rasa manis yang lezat dan warna yang menggoda pada hidangan ini. Saus tiram memberikan kelezatan dan aroma yang khas. Pastikan Anda menggunakan kecap manis yang berkualitas dan saus tiram yang asli untuk hasil yang terbaik.

Minyak Wijen, Gula Pasir, Merica Bubuk, dan Garam

Minyak wijen memberikan aroma khas dan sedikit rasa gurih pada hidangan ini. Gula pasir memberikan sedikit rasa manis tambahan. Merica bubuk memberikan sedikit sensasi pedas dan meningkatkan cita rasa hidangan ini. Garam digunakan sebagai penyedap rasa. Pastikan Anda menyesuaikan jumlah garam sesuai dengan selera Anda.

Air

Air digunakan dalam resep ini untuk membuat bumbu lebih cair dan meresap dengan baik ke dalam daging ayam dan bawang bombay. Jumlah air yang digunakan dapat disesuaikan dengan kekentalan bumbu yang diinginkan.

Instruksi:

1. Pertama, panaskan wajan dengan sedikit minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

2. Masukkan potongan daging ayam fillet ke dalam wajan dan aduk hingga berubah warna menjadi kecokelatan.

3. Tambahkan kecap manis, saus tiram, minyak wijen, gula pasir, merica bubuk, garam, dan air secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata.

4. Biarkan ayam dan bumbu mendidih serta meresap selama beberapa menit dengan api kecil.

5. Setelah itu, tutup wajan dan biarkan ayam matang dan bumbu meresap selama sekitar 10-15 menit.

6. Setelah matang, angkat ayam kecap bawang bombay dari wajan dan sajikan hangat.

Pemanasan Wajan dan Tumis Bawang Putih dan Bawang Bombay

Untuk memulai proses memasak ayam kecap bawang bombay ini, panaskan wajan dengan sedikit minyak. Setelah wajan cukup panas, tambahkan bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang halus. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Proses penggorengan ini akan membantu mengeluarkan aroma dan rasa yang lezat dari bawang putih dan bawang bombay.

Penambahan Potongan Daging Ayam dan Pengadukan

Selanjutnya, masukkan potongan daging ayam fillet ke dalam wajan yang sudah berisi bawang putih dan bawang bombay. Aduk-aduk daging ayam hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Pastikan semua sisi daging ayam terkena panas agar matang secara merata. Pengadukan yang baik akan memastikan bahwa daging ayam tidak lengket satu sama lain dan mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Penambahan Bumbu dan Meresapnya Saus

Selanjutnya, masukkan kecap manis, saus tiram, minyak wijen, gula pasir, merica bubuk, garam, dan air ke dalam wajan yang berisi daging ayam dan bawang bombay. Aduk rata sehingga bumbu tercampur merata dengan daging ayam dan bawang bombay. Biarkan ayam dan bumbu mendidih dan meresap selama beberapa menit dengan api kecil. Proses ini akan memastikan bahwa daging ayam dan bawang bombay benar-benar meresap dengan rasa dan aroma bumbu yang lezat.

Pemanggangan Ayam dengan Tutup Wajan

Setelah bumbu mendidih dan meresap, tutup wajan dengan penutup yang rapat. Biarkan ayam matang dan bumbu meresap selama sekitar 10-15 menit. Proses pemanggangan dengan tutup wajan akan membantu memasak ayam secara merata dan menjaga kelembapan daging. Selama pemanggangan, pastikan api dalam kondisi kecil agar tidak terlalu banyak uap yang hilang dan bumbu tetap terperangkap dalam wajan.

Pengangkatan dan Penyajian

Setelah ayam matang dan bumbu meresap dengan baik, angkat ayam kecap bawang bombay dari wajan. Sajikan ayam kecap bawang bombay hangat sebagai hidangan utama. Anda dapat menambahkan nasi putih atau sayuran sebagai pelengkap. Hidangan ini cocok untuk disajikan di acara keluarga, makan malam bersama teman, atau bahkan untuk makan siang sehari-hari.

Rating Agregat:

Resep ayam kecap bawang bombay ini memiliki rating agregat yang tinggi. Banyak pengguna yang telah mencoba resep ini dan memberikan ulasan positif. Rasanya yang lezat dan cara memasak yang sederhana membuat resep ini menjadi favorit bagi banyak orang.

Waktu Memasak:

Waktu memasak untuk resep ayam kecap bawang bombay ini sekitar 30-40 menit. Ini termasuk waktu persiapan dan waktu memasak di atas kompor. Resep ini cukup cepat dan mudah untuk dipraktikkan di rumah.

Informasi Nutrisi:

Resep ayam kecap bawang bombay ini mengandung sejumlah nutrisi penting. Daging ayam mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Protein adalah zat yang penting untuk tubuh kita, terutama untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Selain itu, ayam juga mengandung zat besi, yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

Selain daging ayam, bawang bombay juga memberikan beberapa manfaat kesehatan. Bawang bombay mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Bawang bombay juga kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Kecap manis, yang menjadi bumbu utama dalam hidangan ini, mengandung sedikit lemak jenuh dan kolesterol. Namun, perlu diingat bahwa kecap manis juga mengandung gula, jadi konsumsilah dengan bijak. Saus tiram, yang memberikan aroma dan rasa khas pada hidangan ini, mengandung mineral seperti zat besi, natrium, dan kalium. Namun, saus tiram juga mengandung sedikit gluten, jadi perhatikan jika Anda memiliki intoleransi gluten atau alergi.

Meskipun resep ini tidak melibatkan proses penggorengan, Anda masih perlu menggunakan sedikit minyak wijen untuk menumis bawang putih dan bawang bombay. Minyak wijen mengandung lemak sehat tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Namun, hindari penggunaan minyak wijen yang berlebihan karena masih mengandung kalori yang tinggi.

Waktu Persiapan:

Waktu persiapan untuk resep ayam kecap bawang bombay ini sekitar 15-20 menit. Ini termasuk waktu memotong bahan-bahan dan menyiapkan bumbu-bumbu. Pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan sebelum memasak untuk memudahkan proses memasak.

Kategori Resep:

Resep ayam kecap bawang bombay ini termasuk dalam kategori masakan Asia. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuatnya populer di banyak negara Asia, termasuk Indonesia. Hidangan ini sering dijumpai di restoran atau warung makan yang menyajikan masakan Asia. Namun, dengan resep ini, Anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah dan menikmati cita rasanya.

Asal Makanan:

Resep ayam kecap bawang bombay ini termasuk dalam masakan Indonesia. Ayam kecap merupakan salah satu masakan tradisional yang populer di Indonesia, terutama dalam masakan rumahan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sayuran rebus. Rasanya yang lezat dan kelezatan bawang bombay membuatnya menjadi hidangan yang cocok untuk acara keluarga atau makan malam bersama teman.

Hasil Resep:

Resep ayam kecap bawang bombay ini menghasilkan sekitar 4-6 porsi. Jumlah ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menggandakan atau mengurangi jumlah bahan sesuai dengan jumlah porsi yang diinginkan. Jika Anda memiliki keluarga besar atau mengundang banyak tamu, Anda dapat menggandakan jumlah bahan untuk memastikan semua orang puas dengan hidangan ini.

Waktu Total:

Waktu total untuk memasak ayam kecap bawang bombay ini adalah sekitar 45-60 menit. Ini mencakup waktu persiapan dan waktu memasak secara keseluruhan. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk memasak dengan tenang dan menikmati hasil akhir yang lezat. Hidangan ini cocok untuk disajikan pada acara khusus atau saat Anda ingin memanjakan diri dengan hidangan yang lezat dan sehat.

Ayam kecap bawang bombay tanpa digoreng adalah pilihan yang sehat dan lezat untuk Anda coba di tahun 2023 ini. Resep ini sangat mudah diikuti dan hasilnya memuaskan. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang jelas, Anda dapat membuat hidangan yang nikmat untuk keluarga dan teman-teman. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini dan nikmati sensasi ayam kecap bawang bombay yang enak dan sehat!

Related video of Resep Ayam Kecap Bawang Bombay Tanpa Digoreng

Posting Komentar