Resep Ayam Rica-Rica Lapangan Tembak

Resep Ayam Rica-Rica Lapangan Tembak

Resep Ayam Rica-Rica Lapangan Tembak

Apakah kamu mencari resep ayam yang pedas dan lezat? Jika iya, maka resep ayam rica-rica lapangan tembak adalah pilihan yang tepat untukmu! Ayam rica-rica adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa pedas dan nikmat. Dengan bumbu rempah yang khas, hidangan ini akan memanjakan lidahmu dan membuatmu ketagihan.

Untuk membuat ayam rica-rica lapangan tembak, kamu akan membutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar terdekat. Salah satu keunggulan dari resep ini adalah kesederhanaannya. Kamu tidak perlu bahan-bahan yang rumit atau sulit didapatkan. Dengan bahan-bahan yang sederhana, kamu bisa menghasilkan hidangan yang enak dan lezat.

1. Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian

- 5 siung bawang putih, haluskan

- 10 buah cabai rawit merah, haluskan

- 2 batang serai, memarkan

- 5 lembar daun jeruk purut

- 2 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula

- 2 sendok makan minyak goreng

- Air secukupnya

1.1 Ayam

Ayam adalah bahan utama dalam resep ayam rica-rica lapangan tembak. Kamu bisa menggunakan ayam utuh dan memotongnya menjadi beberapa bagian, seperti paha, dada, dan sayap. Pastikan untuk membersihkan ayam dengan baik sebelum digunakan.

1.2 Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu yang memberikan aroma dan rasa khas pada ayam rica-rica. Haluskan bawang putih agar mudah tercampur dengan bahan lainnya. Jika kamu menyukai rasa yang lebih kuat, kamu bisa menambahkan lebih banyak bawang putih.

1.3 Cabai Rawit Merah

Cabai rawit merah adalah bumbu yang memberikan tingkat kepedasan pada ayam rica-rica. Jika kamu tidak terlalu suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan. Namun, jika kamu menyukai rasa pedas yang ekstra, tambahkan lebih banyak cabai rawit.

1.4 Serai

Serai adalah salah satu rempah yang memberikan aroma segar pada ayam rica-rica. Memarkan serai sebelum digunakan agar rasa dan aroma serai dapat lebih terasa dalam hidangan.

1.5 Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut adalah bumbu yang memberikan aroma khas pada hidangan ayam rica-rica. Daun jeruk purut memberikan sentuhan segar dan menyegarkan cita rasa hidangan.

1.6 Garam

Garam adalah bumbu yang memberikan rasa gurih pada hidangan ayam rica-rica. Tambahkan garam secukupnya agar rasa hidangan seimbang dan nikmat.

1.7 Gula

Gula memberikan sedikit kelezatan pada hidangan ayam rica-rica. Tambahkan gula secukupnya untuk mengimbangi rasa pedas dan gurih dari bumbu lainnya.

1.8 Minyak Goreng

Minyak goreng digunakan untuk menumis bahan-bahan dan memasak ayam rica-rica. Kamu dapat menggunakan minyak goreng biasa atau minyak kelapa untuk memberikan aroma yang lebih khas.

2. Instruksi:

- Pertama, panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum.

- Masukkan ayam ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga ayam berubah warna menjadi kecokelatan.

- Tambahkan serai, daun jeruk purut, garam, dan gula. Aduk rata dan masak hingga ayam matang sempurna.

- Tuangkan air secukupnya dan masak hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam.

- Setelah matang, angkat ayam dan sajikan dengan nasi hangat.

2.1 Menyiapkan Bahan-bahan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan semua bahan telah tersedia dan siap digunakan. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Haluskan bawang putih dan cabai rawit merah. Memarkan serai agar aroma lebih terasa. Siapkan juga daun jeruk purut dan bumbu lainnya.

2.2 Menumis Bawang Putih dan Cabai Rawit

Panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum. Pastikan bawang putih dan cabai rawit tercampur dengan baik dan tidak terlalu matang.

2.3 Memasak Ayam

Masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga ayam berubah warna menjadi kecokelatan. Pastikan semua sisi ayam tercokelat sempurna. Hal ini akan memberikan rasa yang lebih lezat pada hidangan.

2.4 Menambahkan Bumbu-bumbu

Tambahkan serai, daun jeruk purut, garam, dan gula ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur dengan ayam. Pastikan bumbu merata pada semua bagian ayam.

2.5 Memasak Hingga Matang

Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan dan masak hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. Biarkan ayam matang sempurna dan bumbu terasa dalam daging. Jika perlu, tambahkan air sedikit demi sedikit untuk menjaga kelembaban daging ayam.

2.6 Penyajian

Setelah ayam matang, angkat ayam dari wajan dan sajikan dengan nasi hangat. Kamu juga bisa menambahkan sambal atau acar sebagai pelengkap hidangan.

3. Rating Agregat:

- 4.5/5 (berdasarkan ulasan dari 100 pengguna)

3.1 Ulasan Pengguna

Hidangan ayam rica-rica lapangan tembak ini telah mendapatkan rating tinggi dari pengguna. Dari 100 pengguna yang memberikan ulasan, hidangan ini rata-rata mendapatkan rating 4.5/5. Para pengguna mengakui kelezatan hidangan ini dan menyatakan bahwa rasanya benar-benar otentik.

3.2 Komentar Pengguna

Banyak pengguna yang menyukai tingkat kepedasan hidangan ini. Mereka menyatakan bahwa hidangan ini memberikan sensasi pedas yang menggigit namun tetap enak. Beberapa pengguna juga menyebutkan bahwa hidangan ini cocok untuk pecinta makanan pedas.

3.3 Rekomendasi Pengguna

Para pengguna merekomendasikan hidangan ayam rica-rica lapangan tembak ini kepada siapa pun yang menyukai makanan pedas. Mereka menyebutkan bahwa hidangan ini cocok untuk acara keluarga atau makan malam bersama teman-teman.

4. Waktu Memasak:

- 45 menit

4.1 Persiapan

Waktu persiapan untuk membuat ayam rica-rica lapangan tembak ini sekitar 15 menit. Kamu perlu mempersiapkan bahan-bahan dan mencuci ayam sebelum memasak.

4.2 Memasak

Proses memasak ayam rica-rica lapangan tembak membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah menumis bawang putih dan cabai rawit, masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Selanjutnya, tambahkan serai, daun jeruk purut, garam, dan gula. Aduk rata dan masak hingga ayam matang sempurna. Terakhir, tuangkan air secukupnya dan masak hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. Total waktu memasak ini sekitar 30 menit.

5. Informasi Nutrisi:

- Kalori: 300 kalori

- Karbohidrat: 10 gram

- Protein: 25 gram

- Lemak: 15 gram

5.1 Kalori

Hidangan ayam rica-rica lapangan tembak ini mengandung sekitar 300 kalori per porsi. Kalori ini berasal dari karbohidrat, protein, dan lemak yang ada dalam daging ayam dan bumbu yang digunakan.

5.2 Karbohidrat

Terdapat sekitar 10 gram karbohidrat dalam hidangan ini. Karbohidrat ini berasal dari bahan-bahan seperti bawang putih dan gula yang digunakan dalam proses memasak.

5.3 Protein

Setiap porsi ayam rica-rica lapangan tembak mengandung sekitar 25 gram protein. Protein ini berasal dari daging ayam yang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh.

5.4 Lemak

Hidangan ini mengandung sekitar 15 gram lemak per porsi. Lemak ini berasal dari minyak goreng dan lemak yang ada dalam daging ayam.

6. Waktu Persiapan:

- 15 menit

6.1 Menyiapkan Bahan-bahan

Waktu persiapan untuk membuat ayam rica-rica lapangan tembak ini sekitar 15 menit. Pada tahap ini, kamu perlu mempersiapkan semua bahan yang diperlukan, seperti memotong ayam, menghaluskan bawang putih, dan memarkan serai.

7. Kategori Resep:

- Hidangan Utama

7.1 Hidangan Utama

Ayam rica-rica lapangan tembak adalah hidangan utama yang cocok disajikan sebagai menu utama saat makan siang atau makan malam. Hidangan ini bisa disajikan dengan nasi hangat dan lauk-pauk lainnya untuk menciptakan hidangan yang lezat dan bergizi.

8. Masakan:

- Indonesia

8.1 Masakan Indonesia

Ayam rica-rica lapangan tembak adalah hidangan khas Indonesia yang populer di berbagai daerah. Hidangan ini merupakan salah satu contoh masakan Indonesia yang kaya akan rempah-rempah dan memiliki cita rasa yang khas. Hidangan ini sangat cocok untuk menggambarkan keanekaragaman kuliner Indonesia.

9. Hasil:

- 4 porsi

9.1 Porsi

Resep ayam rica-rica lapangan tembak ini menghasilkan sekitar 4 porsi. Jumlah ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan jumlah orang yang akan menikmati hidangan ini.

10. Total Waktu:

- 1 jam

10.1 Waktu Total

Secara keseluruhan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat ayam rica-rica lapangan tembak ini adalah sekitar 1 jam. Waktu ini mencakup persiapan bahan, proses memasak, dan penyajian. Dengan waktu yang cukup singkat, kamu sudah bisa menikmati hidangan yang lezat dan pedas ini.

Secara keseluruhan, resep ayam rica-rica lapangan tembak adalah hidangan yang sempurna untuk memanjakan lidahmu. Dengan rasa pedas yang menggigit dan aroma rempah yang khas, hidangan ini akan menjadi favorit di meja makanmu. Cobalah resep ini dan nikmati kelezatannya!

Related video of Resep Ayam Rica-Rica Lapangan Tembak

Posting Komentar