Resep Ayam Suwir Bumbu Bali Tanpa Santan

Resep Ayam Suwir Bumbu Bali Tanpa Santan

Resep Ayam Suwir Bumbu Bali Tanpa Santan

Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan resep ayam suwir bumbu Bali yang lezat dan nikmat. Resep ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba masakan dengan rasa pedas khas Bali namun tanpa menggunakan santan. Ayam suwir ini dapat menjadi hidangan utama yang sempurna untuk keluarga Anda. Mari kita mulai!

Bahan-bahan:

- 500 gram ayam fillet, suwir-suwir

- 5 siung bawang merah, iris tipis

- 3 siung bawang putih, cincang halus

- 3 buah cabai merah, iris serong

- 2 buah cabai rawit, iris serong (sesuai selera)

- 2 lembar daun salam

- 2 batang serai, memarkan

- 1 sendok makan terasi bakar

- 1 sendok makan gula merah, serut

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh merica bubuk

- 500 ml air

- Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Menggunakan Ayam Fillet yang Lezat dan Empuk

Untuk resep ayam suwir bumbu Bali tanpa santan ini, kami merekomendasikan menggunakan ayam fillet yang lezat dan empuk. Ayam fillet memiliki daging yang lebih lembut dan tidak berlemak, sehingga cocok untuk diolah menjadi suwiran. Anda dapat membeli ayam fillet yang sudah siap pakai di supermarket atau bisa juga memotong sendiri daging ayam menjadi suwiran yang tipis.

Pastikan ayam fillet yang Anda gunakan sudah bersih dan bebas dari kulit serta tulang. Potong ayam fillet menjadi suwiran yang tipis agar mudah matang dan meresap dengan baik saat dimasak dengan bumbu Bali. Dengan menggunakan ayam fillet yang berkualitas, Anda akan mendapatkan hasil ayam suwir yang lezat dan empuk.

Selain itu, ayam fillet juga lebih sehat karena memiliki sedikit lemak dibandingkan dengan bagian ayam lainnya. Jadi, selain memberikan rasa yang enak, Anda juga dapat menikmati hidangan yang lebih sehat dengan menggunakan ayam fillet dalam resep ini. Yuk, langsung saja kita lanjut ke bahan-bahan lainnya!

Bumbu-bumbu Pedas yang Membuat Ayam Suwir Bali Lezat

Bumbu-bumbu pedas adalah kunci utama dalam resep ayam suwir bumbu Bali. Dalam resep ini, kami menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit sebagai bumbu utama yang memberikan rasa pedas dan aroma khas Bali. Irisan tipis bawang merah dan bawang putih akan memberikan rasa yang sedikit manis dan aroma yang harum saat ditumis.

Untuk tingkat kepedasan, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan selera. Jika Anda menyukai makanan yang sangat pedas, tambahkan lebih banyak cabai rawit dalam resep ini. Namun, jika Anda tidak terlalu tahan pedas, kurangi jumlah cabai rawit atau hilangkan cabai rawit dari daftar bahan. Anda juga dapat menghilangkan biji cabai merah untuk mengurangi kepedasan.

Selain bumbu-bumbu tersebut, terasi bakar juga menjadi bumbu penting yang memberikan cita rasa khas pada ayam suwir bumbu Bali. Terasi bakar memiliki aroma yang khas dan memberikan rasa gurih pada masakan. Pastikan Anda menggunakan terasi yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan khawatir, aroma terasi bakar tidak akan terlalu kuat saat dimasak dengan bumbu lainnya.

Daun salam dan serai juga menjadi bumbu tambahan yang memberikan aroma yang khas pada ayam suwir ini. Daun salam memberikan rasa segar dan aroma khas, sedangkan serai memberikan aroma yang harum dan sedikit citrus. Memarkan serai agar aroma dan rasa serai dapat lebih meresap ke dalam ayam suwir Bali Anda.

Teknik Memasak Ayam Suwir yang Lezat

Untuk mendapatkan ayam suwir yang lezat dan empuk, teknik memasak yang tepat sangat penting. Setelah bumbu-bumbu ditumis hingga harum, langsung masukkan ayam suwir ke dalam wajan. Pastikan api sedang agar tidak terlalu cepat memasak ayam dan bumbu yang dimasukkan sebelumnya.

Aduk rata ayam suwir dengan bumbu hingga ayam berubah warna. Hal ini menandakan bahwa ayam sudah matang di bagian luar. Setelah itu, tuangkan air ke dalam wajan dan masak ayam suwir dengan api kecil hingga ayam empuk dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Proses memasak ayam suwir bumbu Bali tanpa santan ini membutuhkan waktu dan kesabaran. Dengan memasak menggunakan api kecil, ayam akan matang secara merata dan bumbu akan meresap dengan baik. Pastikan Anda mengaduk secara teratur agar ayam suwir tidak lengket pada dasar wajan dan bumbu tidak terbakar.

Setelah ayam empuk dan bumbu meresap, tambahkan gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga bumbu tercampur dengan baik. Periksa rasa ayam suwir bumbu Bali Anda, jika perlu tambahkan garam atau merica sesuai dengan selera Anda.

Sekarang, ayam suwir bumbu Bali tanpa santan Anda sudah siap disajikan. Hidangkan dengan nasi hangat dan tambahan acar mentimun atau sambal untuk menambah cita rasa yang segar dan pedas. Selamat menikmati!

Rating Agregat:

Resep ayam suwir bumbu Bali tanpa santan ini memiliki rating agregat 4.8 dari 5 berdasarkan ulasan pengguna kami.

Waktu Memasak:

Waktu memasak untuk resep ini adalah sekitar 45 menit.

Informasi Nutrisi:

Setiap porsi ayam suwir bumbu Bali tanpa santan mengandung sekitar 350 kalori. Nutrisi ini dapat berbeda tergantung pada jumlah bahan yang digunakan.

Waktu Persiapan:

Waktu persiapan untuk resep ayam suwir bumbu Bali ini adalah sekitar 15 menit.

Kategori Resep:

Resep ini termasuk dalam kategori masakan Indonesia.

Asal Makanan:

Masakan Bali.

Porsi Resep:

Resep ini cukup untuk 4 porsi.

Total Waktu:

Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat ayam suwir bumbu Bali tanpa santan ini adalah sekitar 1 jam.

Demikianlah resep ayam suwir bumbu Bali tanpa santan yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related video of Resep Ayam Suwir Bumbu Bali Tanpa Santan

Posting Komentar