Resep Ayam Ungkep Kecap Bango

Resep Ayam Ungkep Kecap Bango

Resep Ayam Ungkep Kecap Bango

Apakah Anda mencari resep ayam yang lezat dan mudah dibuat? Cobalah resep ayam ungkep kecap Bango yang lezat ini! Ayam ungkep kecap Bango adalah hidangan tradisional Indonesia yang memadukan rasa gurih dan manis kecap Bango dengan aroma rempah-rempah yang khas. Dengan bumbu yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda dapat membuat hidangan ini di rumah dengan cepat dan mudah.

Ingredient

Untuk membuat ayam ungkep kecap Bango, Anda akan membutuhkan bahan-bahan berikut:

Ayam

Anda dapat menggunakan 1 ekor ayam utuh atau potong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Pastikan ayam yang digunakan segar untuk hasil terbaik.

Bawang Putih

5 siung bawang putih, haluskan. Bawang putih memberikan aroma dan rasa yang khas pada ayam ungkep kecap Bango. Anda dapat menghaluskan bawang putih menggunakan ulekan atau blender.

Rempah-rempah

Untuk memberikan aroma dan cita rasa yang khas, Anda akan membutuhkan beberapa rempah-rempah, antara lain:

  • 3 batang serai, memarkan. Serai memiliki aroma segar dan sedikit citra rasa lemon yang akan menyempurnakan hidangan ayam ungkep kecap Bango.
  • 4 lembar daun salam. Daun salam memiliki aroma yang khas dan memberikan rasa gurih pada hidangan.
  • 2 ruas lengkuas, memarkan. Lengkuas memberikan aroma dan rasa yang khas pada hidangan ayam ungkep kecap Bango.
  • 5 lembar daun jeruk purut. Daun jeruk purut memiliki aroma segar dan memberikan rasa yang khas pada hidangan.

Kecap Bango

2 sendok makan kecap Bango. Kecap Bango merupakan kecap manis yang memiliki rasa yang khas dan aroma yang menggugah selera.

Gula Merah

1 sendok makan gula merah, serut. Gula merah memberikan rasa manis yang khas pada hidangan ayam ungkep kecap Bango.

Garam dan Air

Garam secukupnya. Garam digunakan untuk memberikan rasa pada hidangan ayam ungkep kecap Bango. Air secukupnya digunakan untuk merebus dan mencampurkan bumbu.

Instructions

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat ayam ungkep kecap Bango:

Menumis Bawang Putih

Panaskan minyak dalam wajan besar. Tumis bawang putih hingga harum. Bawang putih yang ditumis akan memberikan aroma yang sedap dan khas pada hidangan ayam ungkep kecap Bango.

Menambahkan Ayam

Tambahkan ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bawang putih tumis. Pastikan setiap potongan ayam terbalut merata dengan bawang putih untuk mendapatkan rasa yang meresap.

Menambahkan Rempah-rempah

Masukkan serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk purut ke dalam wajan. Aduk rata agar rempah-rempah tercampur dengan baik dengan ayam dan bawang putih. Rempah-rempah ini akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada hidangan ayam ungkep kecap Bango.

Memberikan Rasa Manis dengan Kecap Bango

Tuang kecap Bango ke dalam wajan dan aduk rata dengan ayam, bawang putih, dan rempah-rempah. Kecap Bango akan memberikan rasa manis yang khas pada hidangan ayam ungkep kecap Bango.

Memberikan Rasa Manis dengan Gula Merah

Tambahkan gula merah serut, garam, dan air secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata agar gula merah tercampur dengan baik dan memberikan rasa manis yang khas pada hidangan. Garam digunakan untuk menguatkan rasa pada hidangan ayam ungkep kecap Bango.

Mendidihkan dan Membumbui

Tutup wajan dan biarkan ayam ungkep kecap Bango mendidih dan bumbu meresap, sekitar 30-40 menit. Proses ini akan membuat ayam menjadi empuk dan bumbu meresap dengan baik ke dalam daging ayam.

Mengentalkan Kuah

Kecilkan api dan biarkan ayam ungkep kecap Bango terus mendidih hingga kuah mengental dan ayam empuk. Proses ini akan menghasilkan hidangan yang kaya rasa dengan kuah yang menggugah selera.

Menyajikan Ayam Ungkep Kecap Bango

Sajikan ayam ungkep kecap Bango hangat dengan nasi putih. Hidangan ini dapat disajikan sebagai hidangan utama dalam makan siang atau makan malam bersama keluarga dan teman-teman.

Aggregate Rating

Resep ayam ungkep kecap Bango ini mendapatkan rating rata-rata 4.5 dari 5 berdasarkan ulasan dari para pengguna yang telah mencobanya. Hidangan ini sangat populer di kalangan pecinta masakan Indonesia dan memiliki rasa yang lezat dan kaya rempah.

Cook Time

Waktu memasak untuk ayam ungkep kecap Bango ini adalah sekitar 30-40 menit, tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan. Pastikan ayam benar-benar matang dan empuk sebelum disajikan.

Nutrition Calories

Setiap porsi ayam ungkep kecap Bango mengandung sekitar 300-400 kalori, tergantung pada ukuran potongan ayam dan jumlah kecap yang digunakan. Hidangan ini mengandung protein tinggi dan lemak sehat.

Prepare Time

Waktu persiapan untuk membuat ayam ungkep kecap Bango ini adalah sekitar 15-20 menit. Anda perlu mengiris bawang putih, memarkan serai dan lengkuas, serta serut gula merah sebelum memasak.

Recipe Category

Resep ayam ungkep kecap Bango ini termasuk dalam kategori masakan Indonesia. Hidangan ini merupakan salah satu hidangan tradisional yang populer di Indonesia.

Recipe Cuisine

Resep ayam ungkep kecap Bango ini adalah masakan Indonesia yang populer dan memiliki rasa yang autentik. Hidangan ini menggabungkan cita rasa Indonesia dengan kecap Bango yang khas.

Recipe Yield

Resep ini dapat menghasilkan 4-6 porsi ayam ungkep kecap Bango, tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan. Anda dapat menyesuaikan jumlah bahan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Total Time

Waktu total yang dibutuhkan untuk membuat ayam ungkep kecap Bango ini adalah sekitar 45-60 menit, termasuk waktu persiapan dan memasak. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk memasak hidangan ini dengan baik.

Ayam ungkep kecap Bango adalah hidangan yang lezat dan mudah dibuat di rumah. Dengan bumbu yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda dapat menciptakan hidangan yang gurih dan manis ini untuk keluarga dan teman-teman. Resep ini sangat cocok untuk makan siang atau makan malam, dan pasti akan menjadi favorit di meja makan Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ayam ungkep kecap Bango ini dan nikmati kelezatannya!

Ayam ungkep kecap Bango merupakan hidangan yang sarat dengan cita rasa Indonesia. Kombinasi antara kecap Bango yang manis dan rempah-rempah yang khas menciptakan harmoni rasa yang sempurna. Kecap Bango memiliki keistimewaan tersendiri dengan kandungan gula aren alami yang memberikan sentuhan manis yang nikmat. Selain itu, rempah-rempah seperti serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk purut memberikan aroma yang khas dan menambah kompleksitas rasa dalam hidangan ini.

Proses memasak ayam ungkep kecap Bango dimulai dengan menumis bawang putih. Bawang putih yang ditumis dengan api kecil akan menghasilkan aroma yang harum dan lezat, memberikan lapisan rasa pada ayam. Setelah itu, ayam ditambahkan ke dalam wajan dan diaduk bersama bawang putih tumis. Hal ini bertujuan agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam.

Rempah-rempah seperti serai, daun salam, lengkuas, dan daun jeruk purut kemudian ditambahkan ke dalam wajan. Rempah-rempah ini memberikan aroma yang khas dan meningkatkan kelezatan hidangan. Serai memberikan sentuhan segar dan sedikit citra rasa lemon yang menyegarkan. Daun salam memberikan aroma gurih yang khas, sementara lengkuas memberikan aroma yang sedap dan rasa yang khas. Daun jeruk purut memberikan aroma segar yang menyegarkan hidangan.

Selanjutnya, kecap Bango dituangkan ke dalam wajan dan diaduk rata dengan ayam dan bumbu. Kecap Bango memberikan rasa manis yang khas dan menggugah selera. Gula merah serut juga ditambahkan untuk memberikan kelezatan dan aroma manis alami pada hidangan. Gula merah ini dapat memberikan sentuhan karamel yang lezat pada ayam ungkep kecap Bango.

Garam dan air juga diperlukan dalam proses memasak ini. Garam digunakan untuk menguatkan rasa pada hidangan, sementara air digunakan untuk merebus dan mencampurkan bumbu. Air yang cukup akan membantu bumbu meresap dengan baik ke dalam daging ayam dan menciptakan kuah yang kaya rasa.

Setelah semua bahan dan rempah-rempah dimasukkan, wajan ditutup dan ayam ungkep kecap Bango dimasak hingga mendidih. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit agar ayam matang sempurna dan bumbu meresap dengan baik ke dalam daging. Selama proses pemasakan, pastikan untuk sesekali mengaduk dan membalik potongan ayam agar matang merata.

Setelah ayam ungkep kecap Bango matang, kuahnya akan mengental dan mengundang selera. Kuah yang kental ini akan memberikan sensasi yang lezat saat dinikmati bersama dengan nasi putih. Pastikan ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan sempurna sebelum disajikan.

Dalam memasak ayam ungkep kecap Bango, penting untuk memperhatikan proporsi bahan dan teknik memasak yang tepat. Dalam resep ini, proporsi bumbu dan rempah-rempah telah diukur secara akurat untuk menghasilkan hidangan dengan rasa yang seimbang. Selain itu, memasak dengan api kecil dan membiarkan hidangan mendidih perlahan akan membantu bumbu meresap dengan baik dan menghasilkan hidangan yang lezat.

Dengan resep ini, Anda dapat menciptakan hidangan ayam ungkep kecap Bango yang lezat dan nikmat di rumah. Hidangan ini cocok disajikan dalam berbagai acara, dari makan malam keluarga hingga pesta dengan teman-teman. Ayam ungkep kecap Bango yang gurih dan manis ini akan menjadi favorit di meja makan Anda. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini dan manjakan lidah Anda dengan hidangan yang lezat ini!

Related video of Resep Ayam Ungkep Kecap Bango

Posting Komentar