Resep Bakso Goreng Ayam Udang Xanderskitchen

Resep Bakso Goreng Ayam Udang Xanderskitchen

Resep Bakso Goreng Ayam Udang Xanderskitchen
Resep Bakso Goreng Ayam Udang Xanderskitchen

Apakah kamu sedang mencari resep bakso goreng ayam udang yang lezat dan mudah untuk dibuat? Kamu berada di tempat yang tepat! Di artikel ini, kami akan berbagi denganmu resep lengkap dan terperinci untuk membuat bakso goreng ayam udang ala Xanderskitchen.

Bakso adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Biasanya terbuat dari daging sapi yang diolah menjadi bola-bola kecil dan direbus dalam kuah. Namun, dalam resep ini, kami akan menggunakan daging ayam dan udang untuk memberikan rasa yang berbeda dan unik pada bakso goreng.

Bahan-bahan:

- 250 gram daging ayam giling

- 250 gram udang, dikupas dan dicincang halus

- 2 sendok makan tepung sagu

- 2 sendok makan tepung terigu

- 2 siung bawang putih, cincang halus

- 1 batang daun bawang, iris tipis

- 1 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- Minyak goreng secukupnya

Penggunaan Daging Ayam dan Udang

Pada resep bakso goreng ini, kami menggunakan daging ayam giling dan udang sebagai bahan utama. Menggunakan daging ayam memberikan tekstur yang lembut dan rasa yang khas, sedangkan udang memberikan aroma yang segar dan kenikmatan pada setiap gigitan. Kombinasi daging ayam dan udang juga membuat bakso goreng ini lebih bergizi dengan kandungan protein yang tinggi.

Tepung Sagu dan Tepung Terigu

Pada resep ini, kami menggunakan tepung sagu dan tepung terigu sebagai bahan pengikat adonan bakso. Tepung sagu memberikan tekstur yang kenyal dan elastis pada bakso, sedangkan tepung terigu memberikan kelembutan dan kelezatan. Pastikan menggunakan tepung sagu dan tepung terigu yang berkualitas untuk hasil yang maksimal.

Bawang Putih dan Daun Bawang

Tambahkan bawang putih cincang halus dan daun bawang iris tipis ke dalam adonan bakso untuk memberikan aroma dan rasa yang sedap. Bawang putih memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan memberikan cita rasa yang khas pada bakso. Sedangkan daun bawang memberikan aroma segar dan sedikit rasa pedas yang menyegarkan.

Cara Membuat:

1. Campurkan daging ayam giling, udang cincang, tepung sagu, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Memilih Daging Ayam dan Udang yang Segar

Untuk mendapatkan hasil bakso goreng yang enak, pastikan menggunakan daging ayam dan udang yang segar. Pilihlah daging ayam yang berwarna merah muda dan tidak berbau. Sementara itu, pilihlah udang yang masih segar dengan daging yang kenyal dan tidak berbau amis. Menggunakan bahan-bahan segar akan memastikan rasa dan kualitas bakso goreng yang terbaik.

Mencampurkan Bahan dengan Merata

Pada langkah pertama, campurkan semua bahan secara merata dalam wadah. Pastikan semua bahan tercampur sempurna agar adonan bakso memiliki tekstur dan rasa yang konsisten. Aduk adonan dengan tangan atau sendok hingga semua bahan tercampur rata. Usahakan tidak terlalu lama mengaduk adonan agar tekstur bakso tetap lembut dan kenyal.

Menentukan Ukuran dan Bentuk Bakso

Setelah adonan tercampur rata, ambil sejumput adonan dengan tangan dan bulatkan menjadi bola-bola kecil. Ukuran bakso dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing, namun sebaiknya tidak terlalu besar agar mudah matang dan memiliki tekstur yang lebih enak. Anda juga dapat memberikan variasi bentuk pada bakso, seperti bulat atau oval, sesuai dengan selera dan kreativitas Anda.

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Ambil sejumput adonan bakso dan goreng hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.

Pemanasan Minyak Goreng yang Tepat

Sebelum menggoreng bakso, pastikan minyak dalam wajan sudah cukup panas. Minyak yang terlalu dingin akan membuat bakso menyerap minyak lebih banyak dan menjadi lembap. Sementara itu, minyak yang terlalu panas dapat membuat bakso gosong pada bagian luar namun masih mentah di bagian dalam. Pastikan minyak dalam kondisi yang tepat untuk menghasilkan bakso goreng yang renyah dan matang sempurna.

Menggoreng Bakso dengan Teknik yang Baik

Ketika menggoreng bakso, pastikan jumlahnya tidak terlalu banyak agar tidak saling menempel. Bakso yang menempel satu sama lain akan sulit matang secara merata. Masukkan bakso ke dalam minyak panas secara perlahan dan pastikan semua sisi terkena minyak. Goreng bakso hingga berwarna keemasan dan matang sempurna. Angkat bakso dari minyak dan tiriskan pada tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Penilaian Agregat:

- Bahan: 5/5

- Kesulitan: 3/5

- Waktu Masak: 30 menit

- Kalori: 200 per porsi

- Waktu Persiapan: 15 menit

- Kategori Resep: Makanan Pembuka

- Masakan: Indonesia

- Hasil: 4 porsi

- Total Waktu: 45 menit

Kesimpulan:

Dengan resep bakso goreng ayam udang Xanderskitchen ini, kamu dapat menikmati hidangan yang lezat dan bergizi. Bakso goreng ini memiliki rasa yang gurih, tekstur yang kenyal, dan aroma yang menggugah selera. Cocok sebagai makanan pembuka atau camilan untuk keluarga dan teman-temanmu.

Ingatlah untuk mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan menggunakan bahan-bahan yang segar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related video of Resep Bakso Goreng Ayam Udang Xanderskitchen

Posting Komentar