Resep Olahan Ayam Fillet Tepung

Resep Olahan Ayam Fillet Tepung

Resep Olahan Ayam Fillet Tepung

Apakah Anda mencari resep olahan ayam fillet tepung yang lezat dan renyah? Tepung ayam fillet adalah hidangan yang populer dan disukai oleh banyak orang. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep olahan ayam fillet tepung yang dapat Anda coba di rumah. Nikmati hidangan yang lezat ini bersama keluarga dan teman-teman Anda!

Bahan-bahan:

- 500 gram ayam fillet

- 2 sendok makan tepung terigu

- 2 sendok makan tepung beras

- 1 sendok teh bawang putih bubuk

- 1 sendok teh paprika bubuk

- 1 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh merica bubuk

- 2 butir telur, kocok lepas

- Minyak goreng secukupnya

Instruksi:

1. Pertama, siapkan ayam fillet dan potong-potong menjadi ukuran yang sesuai dengan selera Anda.

2. Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, tepung beras, bawang putih bubuk, paprika bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.

3. Celupkan potongan ayam fillet ke dalam telur kocok, lalu gulingkan dalam campuran tepung hingga terbalut rata.

4. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.

5. Goreng ayam fillet dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan renyah. Angkat dan tiriskan.

6. Ayam fillet tepung siap disajikan! Hidangkan dengan nasi dan saus sambal favorit Anda.

Persiapan Ayam Fillet Tepung

Untuk membuat ayam fillet tepung yang sempurna, ada beberapa langkah persiapan yang perlu Anda lakukan. Langkah pertama adalah menyiapkan ayam fillet yang segar dan berkualitas. Pastikan ayam fillet yang Anda gunakan bebas dari lemak dan kulit yang berlebihan. Setelah itu, potong-potong ayam fillet menjadi ukuran yang sesuai dengan selera Anda. Anda dapat memotongnya menjadi bentuk dadu kecil atau memilih ukuran yang lebih besar sesuai dengan preferensi Anda.

Selanjutnya, siapkan bahan-bahan untuk membuat adonan tepung. Dalam resep ini, kami menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras untuk memberikan tekstur yang lebih renyah pada ayam fillet. Tambahkan bawang putih bubuk, paprika bubuk, garam, dan merica bubuk ke dalam campuran tepung untuk memberikan rasa yang lezat pada ayam fillet Anda. Aduk semua bahan hingga tercampur rata sehingga setiap potongan ayam fillet akan terbalut dengan baik oleh adonan tepung.

Terakhir, siapkan telur yang telah dikocok lepas dalam wadah terpisah. Telur ini akan digunakan untuk melapisi ayam fillet sebelum dilumuri dengan adonan tepung. Pastikan Anda telah mengocok telur dengan baik agar adonan tepung dapat menempel dengan sempurna pada ayam fillet. Setelah semua bahan dan persiapan siap, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu proses penggorengan ayam fillet tepung.

Penggorengan Ayam Fillet Tepung

Penggorengan ayam fillet tepung adalah langkah penting dalam proses memasak resep ini. Untuk mendapatkan ayam fillet yang renyah dan berwarna keemasan, Anda perlu melakukan penggorengan dengan tepat. Langkah pertama adalah memanaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak telah cukup panas sebelum Anda mulai menggoreng ayam fillet. Anda dapat memeriksa kepanasan minyak dengan mencelupkan ujung tusuk gigi ke dalam minyak. Jika muncul gelembung kecil di sekitar tusuk gigi, berarti minyak sudah cukup panas.

Selanjutnya, masukkan ayam fillet yang telah dilapisi dengan adonan tepung ke dalam minyak panas satu per satu. Pastikan Anda tidak menyiramkan semua potongan ayam fillet sekaligus ke dalam wajan karena hal ini dapat menyebabkan suhu minyak turun dan menghasilkan ayam fillet yang kurang renyah. Goreng ayam fillet hingga berwarna keemasan dan renyah. Anda dapat memutar-mutar potongan ayam fillet agar matang merata dan berwarna keemasan secara merata.

Setelah ayam fillet matang, angkat dan tiriskan pada kertas minyak atau saringan agar minyak berlebih dapat terserap. Dengan melakukan tahap ini, Anda akan mendapatkan ayam fillet tepung yang lebih kering dan renyah. Selain itu, dengan meniriskan ayam fillet, Anda juga dapat mengurangi kadar minyak yang berlebih dalam hidangan ini sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi. Ayam fillet tepung siap disajikan dan dinikmati!

Rating Rata-rata:

Resep olahan ayam fillet tepung ini mendapatkan rating rata-rata 4.5 dari 5 bintang. Berdasarkan ulasan pengguna, hidangan ini sangat lezat dan mudah untuk dipersiapkan.

Waktu Memasak:

Waktu memasak untuk resep olahan ayam fillet tepung ini sekitar 30 menit. Dalam waktu yang relatif singkat, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat dan menggugah selera ini.

Informasi Gizi:

Setiap porsi resep olahan ayam fillet tepung mengandung sekitar 350 kalori. Hidangan ini juga mengandung protein tinggi dan sedikit lemak, sehingga cocok untuk menjadi bagian dari menu makan sehat Anda.

Waktu Persiapan:

Waktu persiapan untuk resep olahan ayam fillet tepung ini sekitar 15 menit. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dan mengolah ayam fillet sehingga siap untuk digoreng.

Kategori Resep:

Resep olahan ayam fillet tepung dapat dikategorikan sebagai hidangan utama.

Asal Makanan:

Resep olahan ayam fillet tepung ini berasal dari Indonesia.

Hasil Resep:

Resep ini menghasilkan sekitar 4 porsi ayam fillet tepung. Sesuaikan jumlah bahan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Total Waktu:

Total waktu yang diperlukan untuk membuat resep olahan ayam fillet tepung ini adalah sekitar 45 menit. Dalam waktu yang relatif singkat, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat dan bergizi ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep olahan ayam fillet tepung ini di rumah dan rasakan kelezatannya. Hidangan yang gurih dan renyah ini akan menjadi favorit di meja makan Anda. Selamat mencoba!

Related video of Resep Olahan Ayam Fillet Tepung

Posting Komentar