Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Empuk

Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Empuk

Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Empuk
Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Empuk

Ayam goreng tepung empuk adalah salah satu hidangan yang sangat disukai oleh banyak orang. Dengan kombinasi daging ayam yang lezat dan tepung yang renyah, hidangan ini tak pernah gagal memanjakan lidah. Apalagi jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal pedas di sampingnya, pasti akan membuat siapa saja ketagihan.

Resep ayam goreng tepung empuk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba membuat hidangan yang lezat di tahun 2023 ini. Dalam resep ini, kita akan menggunakan bumbu-bumbu yang umumnya ada di dapur dan teknik memasak yang sederhana. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika Anda bukan seorang ahli memasak. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mencoba membuat ayam goreng tepung empuk yang lezat.

Ingredient

Ayam goreng tepung empuk membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan. Bahan-bahan yang Anda perlukan antara lain:

1. Daging Ayam

Anda akan membutuhkan sekitar 500 gram daging ayam untuk membuat ayam goreng tepung empuk. Pilihlah potongan daging ayam yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti paha atau dada ayam. Pastikan daging ayam segar dan bebas dari tulang atau kulit yang berlebihan.

2. Bumbu Marinate

Untuk memberikan cita rasa yang lezat pada ayam goreng tepung empuk, Anda perlu menyiapkan bumbu marinate. Bumbu-bumbu yang Anda butuhkan antara lain:

  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap inggris
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sendok makan air jeruk nipis

Dengan menggunakan bumbu-bumbu ini, ayam goreng tepung empuk akan memiliki rasa yang kaya dan lezat.

3. Tepung dan Bahan Pelengkap

Untuk melapisi ayam sebelum digoreng, Anda akan membutuhkan campuran tepung terigu dan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan yang Anda butuhkan antara lain:

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan maizena
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • Air secukupnya

Dengan menggunakan campuran tepung ini, ayam goreng tepung empuk akan memiliki tekstur yang renyah dan empuk.

Instructions

Setelah menyiapkan semua bahan, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat ayam goreng tepung empuk yang lezat:

1. Marinate Ayam

Langkah pertama dalam membuat ayam goreng tepung empuk adalah marinate ayam dengan bumbu-bumbu yang telah disiapkan. Caranya, campurkan daging ayam dengan kecap manis, saus tiram, kecap inggris, garam, merica bubuk, bawang putih, dan air jeruk nipis. Aduk rata dan diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging ayam. Marinate ini akan memberikan rasa yang kaya pada ayam goreng tepung empuk Anda.

2. Panaskan Minyak Goreng

Saat daging ayam sedang dimarinasi, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng ayam secara merata. Panaskan minyak hingga cukup panas untuk menghasilkan ayam goreng yang renyah dan matang sempurna.

3. Siapkan Campuran Tepung

Sementara menunggu minyak panas, siapkan campuran tepung untuk melapisi ayam. Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, maizena, baking powder, dan kaldu bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Campuran tepung ini akan memberikan tekstur yang renyah pada ayam goreng tepung empuk.

4. Tambahkan Air ke Campuran Tepung

Setelah semua bahan kering tercampur dengan baik, tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk. Tujuannya adalah mendapatkan adonan yang memiliki tekstur yang kental, namun tetap dapat mengalir. Jika adonan terlalu kental, tambahkan sedikit air. Jika terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu.

5. Celupkan Ayam ke Adonan Tepung

Selanjutnya, celupkan potongan ayam ke dalam adonan tepung hingga seluruh permukaan terlapisi dengan baik. Pastikan setiap bagian ayam terlapisi adonan tepung secara merata. Dengan melapisi ayam dengan adonan tepung yang sudah Anda buat, ayam goreng tepung empuk akan memiliki lapisan renyah yang menggoda.

6. Goreng Ayam

Goreng ayam dalam minyak yang sudah dipanaskan tadi hingga berwarna kecoklatan dan matang sempurna. Pastikan Anda menggoreng ayam dengan api sedang agar ayam matang merata tanpa terlalu cepat gosong. Jika perlu, balikkan potongan ayam agar kedua sisi tergoreng dengan baik. Jangan terlalu banyak menggoreng ayam sekaligus agar minyak tetap panas dan ayam tidak terlalu berminyak.

7. Tiriskan Ayam

Setelah ayam matang, angkat ayam dari minyak panas dan tiriskan minyaknya dengan meletakkannya di atas kertas minyak. Tujuannya adalah agar ayam goreng tepung empuk tidak terlalu berminyak saat disajikan. Tiriskan ayam sejenak agar minyak berlebihan dapat terserap oleh kertas minyak.

8. Sajikan Ayam Goreng Tepung Empuk

Ayam goreng tepung empuk siap disajikan! Sajikan dengan nasi hangat dan sambal pedas untuk mendapatkan pengalaman makan yang maksimal. Nikmati kelezatan ayam goreng tepung empuk ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Jangan lupa, hidangkan ayam goreng tepung empuk ini selagi masih hangat agar teksturnya tetap renyah dan empuk.

Aggregate Rating

Resep ayam goreng tepung empuk ini mendapatkan rating agregat 4.5/5 berdasarkan ulasan dari para pengguna yang telah mencobanya. Kelezatan daging ayam yang empuk dan renyahnya tepung membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Dengan mengikuti resep ini, Anda juga dapat menciptakan ayam goreng tepung empuk yang mendapat pujian dari keluarga dan teman-teman Anda.

Cook Time

Waktu memasak untuk resep ayam goreng tepung empuk ini adalah sekitar 45 menit, termasuk waktu marinasi dan proses penggorengan. Namun, perlu diingat bahwa waktu memasak dapat bervariasi tergantung pada keahlian memasak dan jumlah bahan yang digunakan.

Untuk merasakan kelezatan ayam goreng tepung empuk yang sempurna, penting untuk memperhatikan waktu penggorengan. Jika ayam digoreng terlalu lama, dagingnya dapat menjadi kering dan keras. Sebaliknya, jika ayam digoreng terlalu singkat, tepungnya mungkin belum matang sempurna dan terasa mentah.

Selama proses penggorengan, pastikan minyak dalam wajan tetap panas. Minyak yang sudah dingin dapat membuat tepung menyerap minyak lebih banyak, sehingga hasilnya tidak secrispy yang diinginkan. Jika Anda perlu menggoreng ayam dalam beberapa batch, pastikan untuk memanaskan minyak kembali sebelum menggoreng batch berikutnya.

Jangan lupa untuk selalu mengawasi ayam saat digoreng. Gunakan spatula atau sumpit kayu untuk membalikkan potongan ayam agar matang merata di kedua sisi. Pastikan juga untuk tidak menggoreng terlalu banyak potongan ayam sekaligus agar minyak tetap panas dan hasilnya lebih renyah. Jika diperlukan, gunakan kertas minyak untuk menyerap minyak berlebihan dari ayam yang sudah digoreng.

Setelah ayam selesai digoreng, biarkan sejenak agar minyak berlebihan dapat terserap. Hal ini akan membantu menjaga tekstur ayam goreng tepung empuk yang renyah. Anda juga dapat meletakkan ayam di atas rak pendingin agar udara dapat mengelilingi potongan ayam dan menghindari kondisi soggy.

Nutrition Calories

Satu porsi ayam goreng tepung empuk mengandung sekitar 350 kalori. Namun, jumlah kalori ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran porsi dan bahan-bahan yang digunakan dalam proses memasak. Jika Anda ingin mengontrol asupan kalori, Anda dapat mengurangi jumlah minyak yang digunakan dalam proses penggorengan atau memilih daging ayam tanpa kulit.

Selain kalori, ayam goreng tepung empuk juga mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Protein ditemukan dalam daging ayam dan tepung terigu yang digunakan dalam resep ini. Namun, penting untuk mengonsumsi ayam goreng tepung empuk dengan bijak dan tidak berlebihan, terutama jika Anda menjalani diet khusus atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Prepare Time

Waktu persiapan untuk resep ayam goreng tepung empuk ini adalah sekitar 15 menit. Hal ini termasuk waktu yang diperlukan untuk memotong daging ayam, membuat bumbu marinate, dan menyiapkan campuran tepung. Pastikan semua bahan dan peralatan sudah siap sebelum memulai proses memasak agar Anda dapat menghemat waktu dan menghindari kesalahan.

Sebelum memotong daging ayam, pastikan Anda menggunakan pisau yang tajam dan bersih. Potong daging ayam menjadi potongan yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti paha atau dada ayam. Jika Anda ingin menghilangkan lemak atau kulit yang berlebihan, Anda dapat melakukannya sebelum memotong ayam.

Selanjutnya, siapkan bumbu marinate dengan mencampurkan semua bahan sesuai dengan resep. Pastikan bumbu tercampur dengan rata sehingga daging ayam dapat meresap dengan baik. Anda juga dapat menambahkan bumbu tambahan sesuai dengan selera pribadi, seperti bubuk cabai untuk rasa pedas atau rempah-rempah untuk aroma yang lebih kaya.

Terakhir, siapkan campuran tepung dengan mencampurkan tepung terigu, maizena, baking powder, dan kaldu bubuk. Pastikan semua bahan kering tercampur dengan baik sebelum menambahkan air. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan memiliki tekstur yang kental namun tetap dapat mengalir. Jangan terlalu banyak menambahkan air agar adonan tidak terlalu encer.

Recipe Category

Ayam goreng tepung empuk termasuk dalam kategori hidangan utama. Hidangan ini dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk makan siang atau makan malam. Anda dapat menyajikannya bersama nasi hangat dan sayuran segar untuk hidangan yang seimbang dan lezat. Jika Anda ingin menciptakan pengalaman makan yang lebih lengkap, Anda juga dapat menambahkan lauk-pauk atau hidangan pendamping lainnya, seperti sup atau sambal pedas.

Recipe Cuisine

Resep ayam goreng tepung empuk ini berasal dari masakan Indonesia. Masakan Indonesia terkenal dengan keanekaragaman rasa dan bumbu yang kaya. Ayam goreng tepung empuk adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia dan dapat ditemukan di berbagai rumah makan atau warung makan di seluruh negeri. Dengan mencoba resep ini, Anda dapat mengenal lebih dekat dengan kelezatan masakan Indonesia dan menghadirkan cita rasa lokal di rumah Anda sendiri.

Recipe Yield

Resep ini menghasilkan sekitar 4 porsi ayam goreng tepung empuk. Jumlah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat lebih banyak atau lebih sedikit, Anda dapat menyesuaikan jumlah bahan sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan untuk mengatur proporsi bumbu dan campuran tepung dengan benar agar rasa dan tekstur ayam goreng tepung empuk tetap optimal.

Total Time

Total waktu yang diperlukan untuk membuat ayam goreng tepung empuk ini adalah sekitar 60 menit, termasuk waktu persiapan dan memasak. Namun, perlu diingat bahwa waktu dapat bervariasi tergantung pada keahlian memasak dan jumlah bahan yang digunakan. Penting untuk merencanakan waktu dengan baik agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk memasak dengan santai dan menghasilkan hidangan yang sempurna.

Kesimpulan

Ayam goreng tepung empuk adalah hidangan yang lezat dan disukai oleh banyak orang. Dalam resep ini, bumbu-bumbu yang digunakan memberikan rasa yang kaya dan aroma yang menggugah selera. Tekstur daging ayam yang empuk dan renyahnya tepung menjadikan hidangan ini tak terlupakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, Anda akan bisa membuat ayam goreng tepung empuk yang lezat di tahun 2023 ini. Nikmati hidangan ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat, dan rasakan kebahagiaan yang tercipta saat mereka menikmati setiap gigitan. Selamat mencoba!

Related video of Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Empuk

Posting Komentar