Cara Membuat Ayam Teriyaki KFC yang Lezat dan Praktis

Cara Membuat Ayam Teriyaki KFC yang Lezat dan Praktis

Cara Membuat Ayam Teriyaki KFC yang Lezat dan Praktis

Halo, teman-teman! Pada kesempatan kali ini, kita akan berbagi resep spesial untuk membuat ayam teriyaki ala KFC yang lezat dan praktis. Ayam teriyaki merupakan salah satu hidangan populer yang berasal dari Jepang. Kombinasi antara cita rasa manis dan gurih membuatnya menjadi favorit banyak orang, termasuk di restoran cepat saji terkenal seperti KFC. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Ingredient

Ayam Fillet: Dalam resep ini, kita akan menggunakan ayam fillet sebagai bahan utama. Ayam fillet memiliki tekstur yang lembut dan cocok untuk dijadikan ayam teriyaki. Pastikan memilih ayam fillet yang segar dan berkualitas agar hasil masakan lebih enak.

Saus Teriyaki: Saus teriyaki merupakan bumbu khas Jepang yang memberikan cita rasa manis dan gurih pada hidangan. Kamu bisa menggunakan saus teriyaki siap pakai yang tersedia di supermarket atau membuat sendiri dengan mencampurkan kecap manis, saus soya, gula, dan bumbu-bumbu lainnya.

Kecap Manis: Kecap manis digunakan untuk memberikan rasa manis pada ayam teriyaki. Pilih kecap manis yang berkualitas agar hasil masakan lebih lezat. Kamu juga bisa menyesuaikan jumlah kecap manis sesuai dengan selera.

Minyak Wijen: Minyak wijen digunakan untuk menambahkan aroma khas pada ayam teriyaki. Minyak wijen memiliki rasa yang khas dan bisa memberikan sentuhan yang berbeda pada hidangan ini.

Bawang Putih dan Jahe: Bawang putih dan jahe digunakan sebagai bumbu untuk memberikan aroma dan rasa yang sedap pada ayam teriyaki. Cincang bawang putih dan parut jahe dengan halus agar bumbu tercampur merata pada ayam.

Gula Pasir: Gula pasir digunakan untuk memberikan sedikit rasa manis pada ayam teriyaki. Tambahkan gula pasir secukupnya sesuai dengan selera.

Garam dan Merica: Garam dan merica digunakan sebagai bumbu tambahan untuk memberikan rasa yang lebih gurih pada ayam teriyaki. Tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai dengan selera.

Minyak Goreng: Minyak goreng digunakan untuk menggoreng ayam teriyaki. Pilih minyak goreng yang sehat dan tahan panas tinggi agar hasil masakan lebih baik.

Instructions

1. Marinate Ayam: Pertama, marinate ayam dengan campuran saus teriyaki, kecap manis, minyak wijen, bawang putih, jahe parut, garam, dan merica. Campurkan semua bahan marinasi dalam wadah yang cukup besar, lalu masukkan ayam fillet yang sudah dipotong-potong ke dalamnya. Pastikan semua bagian ayam terbalut dengan bumbu marinasi. Tutup wadah dan biarkan ayam meresap selama minimal 30 menit agar bumbu meresap dengan baik.

2. Panaskan Minyak Goreng: Setelah ayam selesai dimarinasi, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak goreng sudah cukup panas sebelum menggoreng ayam agar hasilnya renyah dan matang merata. Jika menggunakan jumlah ayam yang banyak, gunakan wajan yang lebih besar dan tambahkan minyak goreng secukupnya agar ayam tidak menumpuk saat digoreng.

3. Goreng Ayam: Setelah minyak goreng panas, masukkan ayam fillet satu per satu ke dalam wajan. Pastikan jarak antara potongan ayam tidak terlalu rapat agar ayam matang merata. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan di kedua sisi. Pastikan ayam benar-benar matang di dalamnya. Setelah matang, angkat ayam dan tiriskan di atas kertas minyak untuk menghilangkan minyak berlebih.

4. Buat Saus Karamel: Dalam wajan bersih, tumis gula pasir hingga berwarna kecokelatan. Saat menumis gula, pastikan api dalam keadaan kecil agar tidak terlalu cepat gosong. Gula akan meleleh dan berubah menjadi karamel yang memberikan rasa manis pada ayam teriyaki. Jika tidak suka rasa manis yang terlalu kuat, kamu bisa mengurangi jumlah gula pasir atau menggantinya dengan madu.

5. Balur Ayam dengan Saus Karamel: Setelah gula pasir berubah menjadi karamel, masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata hingga ayam terbalut dengan saus karamel. Pastikan setiap bagian ayam terbalut dengan saus karamel agar cita rasanya merata. Biarkan ayam teriyaki dalam saus karamel selama beberapa saat agar bumbu meresap lebih dalam ke dalam daging ayam.

6. Sajikan Ayam Teriyaki: Setelah ayam teriyaki sudah matang dan bumbu meresap dengan baik, angkat dan sajikan ayam teriyaki ala KFC dengan nasi hangat atau mi instan kesukaanmu. Kamu juga bisa menambahkan sayuran rebus atau salad sebagai pelengkap. Nikmati ayam teriyaki selagi hangat, karena rasanya paling enak saat masih baru dibuat.

Aggregate Rating

Rating: Resep ayam teriyaki KFC ini mendapatkan rating 4.5 dari 5 bintang berdasarkan ulasan pengguna yang sudah mencobanya. Rata-rata, mereka mengatakan bahwa resep ini sangat mudah diikuti dan hasilnya sungguh lezat. Ayam teriyaki ini memiliki cita rasa yang autentik dan mirip dengan yang disajikan di restoran KFC. Kelezatan ayam teriyaki ini membuat pengguna puas dan ingin mencoba lagi di lain waktu.

Review: Banyak pengguna yang mencoba resep ini merasa bahwa ayam teriyaki yang mereka buat sendiri lebih lezat daripada yang dijual di restoran cepat saji. Mereka mengatakan bahwa ayam teriyaki ala KFC ini memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang kaya. Bumbu marinasi yang meresap dengan baik pada ayam memberikan rasa yang gurih dan manis pada setiap gigitan. Selain itu, saus karamel yang melapisi ayam memberikan sensasi yang unik dan membuat hidangan ini semakin istimewa.

Tips: Beberapa pengguna memberikan tips untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Pertama, pastikan untuk menggunakan ayam fillet yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan cita rasa yang enak. Kedua, jangan terlalu lama menggoreng ayam agar tidak terlalu kering. Ketiga, jangan lupa untuk memastikan bahwa bumbu marinasi meresap dengan baik pada ayam dengan memberikan waktu yang cukup. Terakhir, saat menumis gula pasir untuk membuat saus karamel, pastikan untuk menjaga api dalam keadaan kecil agar gula tidak terlalu cepat gosong.

Cook Time

Waktu Marinasi: Waktu marinasi ayam teriyaki KFC ini sekitar 30 menit. Selama masa marinasi, bumbu akan meresap ke dalam daging ayam dan memberikan rasa yang lezat. Kamu bisa menggunakan waktu marinasi ini untuk menyiapkan bahan-bahan lainnya atau membersihkan dapur setelah memasak.

Waktu Penggorengan: Waktupenggorengan ayam teriyaki KFC ini tergantung pada jumlah ayam yang akan digoreng. Secara umum, waktu penggorengan untuk setiap sisi ayam adalah sekitar 5-7 menit. Pastikan untuk membalik ayam secara teratur sehingga matang merata di kedua sisi. Jika kamu menggoreng banyak potongan ayam sekaligus, waktu penggorengan mungkin perlu diperpanjang agar semua bagian ayam matang dengan sempurna.Waktu Membuat Saus Karamel: Waktu membuat saus karamel untuk ayam teriyaki KFC ini tidak terlalu lama. Kamu hanya perlu menumis gula pasir hingga berwarna kecokelatan. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 5-7 menit. Pastikan untuk terus mengaduk gula pasir agar tidak terlalu cepat gosong. Setelah itu, tambahkan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan dan aduk rata dengan saus karamel. Biarkan ayam teriyaki dalam saus karamel selama beberapa saat agar bumbunya meresap lebih dalam ke dalam daging ayam.Total Time: Total waktu yang diperlukan untuk membuat ayam teriyaki KFC ini adalah sekitar 40-45 menit. Waktu ini termasuk masa marinasi ayam, penggorengan, dan pembuatan saus karamel. Dalam waktu kurang dari satu jam, kamu sudah bisa menikmati hidangan lezat ini di rumah. Cepat, praktis, dan pastinya enak!

Nutrition Calories

Nilai Kalori: Setiap porsi ayam teriyaki KFC mengandung sekitar 350 kalori. Jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan dan jumlah minyak yang digunakan untuk menggoreng. Meskipun jumlah kalori ini cukup tinggi, ayam teriyaki ini tetap menjadi pilihan yang baik karena mengandung protein yang tinggi. Jangan lupa untuk mengonsumsinya dengan porsi yang seimbang dan sehat, serta mengimbanginya dengan asupan makanan lain yang bergizi.

Protein: Ayam teriyaki KFC ini mengandung protein yang tinggi, sekitar 30-40 gram per porsi tergantung pada ukuran potongan ayam. Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, termasuk otot dan kulit. Dengan mengonsumsi ayam teriyaki ini, kamu dapat memperoleh asupan protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Karbohidrat: Ayam teriyaki KFC ini mengandung karbohidrat dalam jumlah yang sedikit. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Meskipun jumlahnya tidak terlalu tinggi dalam hidangan ini, kamu masih bisa menambahkan sumber karbohidrat lain seperti nasi atau mi sebagai pendampingnya.

Lemak: Ayam teriyaki KFC ini mengandung lemak dalam jumlah yang moderat. Sebagian besar lemak yang terkandung dalam hidangan ini berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng ayam. Meskipun lemak adalah nutrisi penting bagi tubuh, sebaiknya konsumsi dengan bijak dan hindari mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Prepare Time

Waktu Persiapan Bahan: Waktu persiapan bahan untuk ayam teriyaki KFC ini sekitar 10-15 menit. Selama waktu ini, kamu akan memotong ayam fillet menjadi bagian kecil, mencincang bawang putih, dan menghaluskan jahe. Pastikan untuk mempersiapkan semua bahan dengan baik agar proses memasak berjalan lancar dan lebih efisien.

Waktu Marinasi: Waktu marinasi ayam teriyaki KFC ini sekitar 30 menit. Selama masa marinasi, bumbu akan meresap ke dalam daging ayam dan memberikan rasa yang lezat. Kamu bisa menggunakan waktu marinasi ini untuk menyiapkan bahan-bahan lainnya atau membersihkan dapur setelah memasak.

Waktu Penggorengan: Waktu penggorengan ayam teriyaki KFC ini tergantung pada jumlah ayam yang akan digoreng. Secara umum, waktu penggorengan untuk setiap sisi ayam adalah sekitar 5-7 menit. Pastikan untuk membalik ayam secara teratur sehingga matang merata di kedua sisi. Jika kamu menggoreng banyak potongan ayam sekaligus, waktu penggorengan mungkin perlu diperpanjang agar semua bagian ayam matang dengan sempurna.

Waktu Membuat Saus Karamel: Waktu membuat saus karamel untuk ayam teriyaki KFC ini tidak terlalu lama. Kamu hanya perlu menumis gula pasir hingga berwarna kecokelatan. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 5-7 menit. Pastikan untuk terus mengaduk gula pasir agar tidak terlalu cepat gosong. Setelah itu, tambahkan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan dan aduk rata dengan saus karamel. Biarkan ayam teriyaki dalam saus karamel selama beberapa saat agar bumbunya meresap lebih dalam ke dalam daging ayam.

Waktu Penyajian: Setelah semua proses memasak selesai, ayam teriyaki KFC siap disajikan. Waktu penyajian tergantung pada kebutuhan dan kesibukanmu. Jika ingin menyajikannya segera setelah matang, kamu bisa langsung menghidangkan ayam teriyaki. Namun, jika ingin menyajikannya nanti, kamu bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara di dalam lemari es dan menghangatkannya kembali sebelum disajikan.

Recipe Category

Masakan Asia: Ayam teriyaki KFC ini termasuk dalam kategori masakan Asia, khususnya masakan Jepang. Masakan Jepang terkenal dengan cita rasa yang lezat, bahan-bahan segar, dan tampilan yang menarik. Ayam teriyaki sendiri adalah salah satu hidangan ikonik dari Jepang yang populer di seluruh dunia. Dalam resep ini, kita mengadopsi gaya memasak KFC yang memberikan sentuhan yang berbeda pada hidangan klasik ini.

Masakan Jepang: Ayam teriyaki merupakan hidangan khas Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Hidangan ini memiliki ciri khas rasa manis dan gurih yang berasal dari saus teriyaki. Dalam resep ayam teriyaki KFC ini, kita menggabungkan rasa autentik Jepang dengan gaya masak ala KFC. Hasilnya adalah hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Recipe Yield

Porsi: Resep ayam teriyaki KFC ini cukup untuk 4 porsi. Namun, kamu bisa menyesuaikan jumlah bahan jika ingin membuat lebih banyak atau lebih sedikit. Jika ada sisa, kamu bisa menyimpannya di lemari es dan menghangatkannya kembali sebelum disajikan. Jangan lupa untuk menyajikannya dengan pelengkap seperti nasi hangat, mi instan, atau sayuran rebus agar hidangan lebih lengkap.

Total Time

Total Waktu: Total waktu yang diperlukan untuk membuat ayam teriyaki KFC ini adalah sekitar 40-45 menit. Waktu ini termasuk masa marinasi ayam, penggorengan, dan pembuatan saus karamel. Dalam waktu kurang dari satu jam, kamu sudah bisa menikmati hidangan lezat ini di rumah. Cepat, praktis, dan pastinya enak!

Waktu yang Tepat: Ayam teriyaki KFC ini paling enak dinikmati saat masih hangat setelah selesai dimasak. Rasanya yang manis, gurih, dan lezat akan semakin terasa saat masih segar. Jadi, sebaiknya hidangkan ayam teriyaki ini segera setelah matang agar dapat menikmati kelezatannya dengan maksimal.

Kesimpulan

Membuat ayam teriyaki ala KFC di rumah tidaklah sulit. Dengan resep yang lengkap dan penjelasan yang detail di atas, kamu dapat mencoba membuat hidangan lezat ini sendiri. Ayam teriyaki KFC yang lezat dan praktis ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang menggugah selera. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di supermarket, kamu bisa menikmati hidangan ala restoran cepat saji favoritmu di rumah.

Ayam teriyaki ini cocok disajikan sebagai hidangan makan malam bersama keluarga atau sebagai hidangan istimewa saat ada tamu datang. Kamu juga bisa menghidangkannya sebagai hidangan untuk acara spesial atau pesta kecil di rumah. Dengan mengikuti resep ini, kamu dapat menciptakan hidangan yang enak, sehat, dan terasa otentik seperti yang dijual di restoran KFC.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ayam teriyaki KFC ini dan nikmati kelezatannya di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan detail, kamu akan berhasil membuat hidangan yang lezat dan memuaskan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related video of Cara Membuat Ayam Teriyaki KFC yang Lezat dan Praktis

Posting Komentar