Resep Ayam Panggang Merah Angkak

Resep Ayam Panggang Merah Angkak

Resep Ayam Panggang Merah Angkak

Apakah Anda mencari resep ayam panggang merah angkak yang lezat dan mudah untuk disajikan di rumah? Tidak perlu khawatir, karena kami memiliki resep terbaik untuk Anda! Ayam panggang merah angkak adalah hidangan tradisional yang populer di Indonesia. Rasanya yang kaya dan cita rasanya yang unik membuatnya menjadi hidangan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Bahan-Bahan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian

- 2 sendok makan angkak, haluskan

- 4 siung bawang putih, haluskan

- 1 ruas jahe, parut

- 1 sendok teh ketumbar bubuk

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula

- 2 sendok makan minyak sayur

- 2 lembar daun salam

Pemilihan Ayam yang Tepat

Pemilihan ayam yang tepat sangat penting dalam resep ayam panggang merah angkak ini. Anda disarankan untuk menggunakan ayam kampung atau ayam organik yang memiliki daging yang lebih kenyal dan cita rasa yang lebih enak. Ayam kampung juga lebih sehat karena tidak mengandung hormon atau obat-obatan tambahan.

Saat memilih ayam, pastikan untuk memilih ayam yang segar dengan kulit yang kenyal dan warna yang cerah. Hindari memilih ayam yang terlihat layu atau berbau tidak sedap. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memilih ayam yang dipotong sesuai dengan selera Anda. Potongan ayam yang kecil atau potongan ayam yang besar, semuanya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Angkak: Bumbu Rahasia Ayam Panggang Merah Angkak

Angkak adalah bumbu rahasia dalam resep ayam panggang merah angkak ini. Angkak adalah sejenis ragi yang dibuat dari beras ketan merah yang difermentasikan. Bumbu ini memberikan warna merah khas pada ayam panggang, serta memberikan aroma dan cita rasa yang unik.

Angkak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bumbu ini mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Angkak juga diketahui memiliki efek positif pada kesehatan jantung dan pencernaan.

Bumbu-Bumbu Lainnya

Selain angkak, ada beberapa bumbu lain yang penting dalam resep ayam panggang merah angkak ini. Bawang putih, jahe, ketumbar, garam, gula, minyak sayur, dan daun salam semuanya memberikan tambahan cita rasa yang lezat pada hidangan ini.

Bawang putih adalah bumbu yang umum digunakan dalam masakan Indonesia. Rasanya yang pedas dan aromanya yang khas memberikan kelezatan ekstra pada ayam panggang. Jahe, dengan cita rasa pedas dan segarnya, memberikan sentuhan yang menyegarkan pada hidangan ini. Ketumbar bubuk memberikan aroma khas dan sedikit rasa manis pada ayam panggang.

Garam dan gula adalah bumbu dasar yang memberikan keseimbangan rasa pada hidangan ini. Garam memberikan rasa gurih, sedangkan gula memberikan sedikit kelezatan manis. Minyak sayur digunakan untuk menumis bumbu dan memberikan kelembutan pada daging ayam. Daun salam memberikan aroma khas yang sangat lezat pada hidangan ini.

Instruksi:

1. Pertama, mari kita persiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam panggang merah angkak.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera Anda. Haluskan angkak, bawang putih, dan jahe menggunakan blender atau cobek hingga menjadi pasta halus. Siapkan juga ketumbar bubuk, garam, dan gula sebagai tambahan bumbu. Jangan lupa minyak sayur dan daun salam untuk menumis bumbu dan memberikan aroma khas pada hidangan ini.

2. Bersihkan ayam dengan air bersih dan potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Persiapan Ayam Sebelum Memasak

Sebelum memasak ayam panggang merah angkak, Anda perlu membersihkan ayam dengan baik. Cuci ayam dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau debu yang mungkin masih menempel pada permukaannya. Setelah dicuci, potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera Anda. Anda bisa memotongnya menjadi bagian paha, dada, sayap, atau sesuai dengan keinginan Anda.

3. Haluskan angkak, bawang putih, dan jahe menggunakan blender atau cobek hingga menjadi pasta halus.

Penghalusan Bumbu

Untuk menghasilkan cita rasa yang meresap dan sempurna pada ayam panggang merah angkak, Anda perlu menghaluskan bumbu dengan baik. Gunakan blender atau cobek untuk menghaluskan angkak, bawang putih, dan jahe hingga menjadi pasta halus. Jika menggunakan blender, tambahkan sedikit air untuk memudahkan proses penghalusan. Jika menggunakan cobek, tumbuk bumbu dengan ulekan hingga halus dan tercampur sempurna.

4. Tambahkan ketumbar bubuk, garam, dan gula ke dalam pasta bumbu yang sudah dihaluskan.

Pemberian Tambahan Bumbu

Setelah menghaluskan angkak, bawang putih, dan jahe, tambahkan ketumbar bubuk, garam, dan gula ke dalam pasta bumbu yang sudah dihaluskan. Ketumbar bubuk memberikan aroma khas dan sedikit rasa manis pada hidangan ini. Garam memberikan rasa gurih yang seimbang, sedangkan gula memberikan sedikit kelezatan manis yang menyempurnakan cita rasa ayam panggang merah angkak.

5. Panaskan minyak sayur dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum dan matang.

Tumis Bumbu Halus

Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan pasta bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan. Tumis bumbu dengan api sedang hingga harum dan matang. Tumis bumbu sampai tercium aroma yang sedap dan bumbu terlihat matang sempurna. Tumis bumbu dengan hati-hati dan aduk secara teratur untuk menghindari bumbu gosong.

6. Masukkan ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu yang sudah ditumis.

Penambahan Ayam ke dalam Bumbu

Setelah bumbu matang, masukkan potongan ayam ke dalam wajan yang berisi bumbu yang sudah ditumis. Aduk rata ayam dengan bumbu menggunakan spatula atau sendok kayu. Pastikan setiap bagian ayam terlapisi dengan bumbu yang meresap. Aduk dengan lembut untuk menghindari kerusakan tekstur ayam.

7. Tambahkan daun salam untuk memberikan aroma khas pada ayam panggang.

Penambahan Daun Salam

Untuk memberikan aroma khas pada ayam panggang merah angkak, tambahkan daun salam ke dalam wajan. Daun salam memberikan aroma yang khas pada hidangan ini dan memberikan sentuhan yang lezat pada ayam panggang. Masukkan daun salam ke dalam wajan bersama dengan ayam dan bumbu, kemudian aduk rata untuk meratakan aroma daun salam ke seluruh hidangan.

8. Tutup wajan dan biarkan ayam panggang merah angkak matang dengan api kecil selama 30-40 menit.

Proses Memasak Ayam Panggang Merah Angkak

Setelah semua bahan dan bumbu tercampur rata, tutup wajan dengan rapat dan biarkan ayam panggang merah angkak matang dengan api kecil. Proses memasak ini membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk memastikan ayam benar-benar matang dan bumbu meresap ke dalam daging. Dalam proses ini, pastikan untuk sesekali membalik potongan ayam agar masak merata dan cita rasanya meresap sempurna.

Proses memasak dengan api kecil memberikan kesempatan bagi bumbu untuk meresap secara menyeluruh dan daging ayam menjadi empuk. Jika perlu, tambahkan sedikit air jika bumbu terlalu kering atau jika ingin mendapatkan saus yang lebih kental dan lezat.

9. Setelah matang, angkat ayam dari wajan dan sajikan dengan nasi hangat atau lalapan segar.

Penyajian Ayam Panggang Merah Angkak

Setelah ayam panggang merah angkak matang sempurna, angkat potongan ayam dari wajan dengan hati-hati. Letakkan di atas piring saji atau loyang yang telah disiapkan sebelumnya. Anda bisa menyajikan ayam panggang ini dengan nasi hangat, lalapan segar seperti mentimun dan tomat, serta sambal terasi atau sambal kecap untuk menambah cita rasa yang lezat.

Anda juga dapat menambahkan sayuran kukus atau acar sebagai pelengkap hidangan ini. Ayam panggang merah angkak juga dapat disajikan sebagai hidangan utama dalam acara keluarga atau pertemuan dengan teman-teman. Pastikan untuk memberikan informasi yang jelas kepada tamu mengenai bahan-bahan dan cita rasa unik dari ayam panggang merah angkak ini.

Rating Agregat:

Resep ayam panggang merah angkak ini mendapatkan rating agregat yang tinggi dari para penggemar kuliner. Cita rasanya yang kaya dan unik membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Kombinasi antara bumbu angkak, bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya memberikan aroma dan rasa yang luar biasa pada ayam panggang ini. Tidak heran jika banyak orang memberikan rating tinggi untuk resep ini.

Waktu Memasak:

Waktu memasak untuk ayam panggang merah angkak ini adalah sekitar 30-40 menit. Proses memasaknya termasuk tahap persiapan bahan, pengolahan bumbu, dan memasak ayam hingga matang sempurna. Dalam waktu yang relatif singkat, Anda dapat menikmati hidangan ayam panggang merah angkak yang lezat dan menggugah selera.

Informasi Nutrisi:

Hidangan ayam panggang merah angkak ini mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Ayam adalah sumber protein yang baik, sementara bumbu-bumbu seperti angkak, bawang putih, dan jahe memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat. Selain itu, hidangan ini juga rendah kalori jika disajikan tanpa nasi atau lalapan berlemak.

Waktu Persiapan:

Waktu persiapan untuk resep ayam panggang merah angkak ini adalah sekitar 15-20 menit. Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, membersihkan ayam, dan menghaluskan bumbu. Dalam waktu yang relatif singkat, Anda dapat mempersiapkan semua yang diperlukan untuk memasak hidangan ini.

Kategori Resep:

Resep ayam panggang merah angkak ini termasuk dalam kategori hidangan utama atau hidangan daging. Hidangan ini cocok disajikan sebagai menu makan malam bersama keluarga atau teman-teman. Rasanya yang lezat dan cita rasanya yang unik akan membuat hidangan ini menjadi pusat perhatian di meja makan.

Kategori Masakan:

Resep ayam panggang merah angkak ini termasuk dalam kategori masakan Indonesia. Bumbu dan cara memasak yang digunakan dalam resep ini mencerminkan keanekaragaman masakan tradisional Indonesia. Dengan mencoba resep ini, Anda dapat merasakan kelezatan masakan Indonesia yang khas.

Hasil Resep:

Resep ayam panggang merah angkak ini menghasilkan hidangan untuk sekitar 4-6 porsi, tergantung pada ukuran potongan ayam yang Anda gunakan. Anda dapat menyesuaikan jumlah bahan sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Hidangan ini dapat disajikan bersama nasi hangat dan lalapan segar untuk pengalaman makan yang lebih lengkap.

Total Waktu:

Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat ayam panggang merah angkak ini adalah sekitar 45-60 menit. Ini termasuk waktu persiapan, memasak, dan waktu istirahat setelah hidangan matang. Dalam waktu yang relatif singkat, Anda dapat menciptakan hidangan lezat yang siap disajikan kepada keluarga dan teman-teman Anda.

Dalam kesimpulannya, resep ayam panggang merah angkak ini adalah pilihan yang sempurna untuk hidangan lezat dan menggugah selera. Dengan menggunakan bahan-bahan dan bumbu yang tepat, Anda dapat menciptakan hidangan yang kaya rasa dan unik. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan nikmati cita rasa autentik Indonesia!

Related video of Resep Ayam Panggang Merah Angkak

Posting Komentar