Resep Ayam Rica-Rica Daun Pandan

Resep Ayam Rica-Rica Daun Pandan

Resep Ayam Rica-Rica Daun Pandan

Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan kepada Anda resep ayam rica-rica daun pandan yang lezat dan menggugah selera. Ayam rica-rica adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa pedasnya yang khas. Dalam resep ini, kami akan menambahkan daun pandan untuk memberikan aroma yang harum dan menyegarkan pada masakan ayam rica-rica yang kami sajikan.

Ingredient

Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan adalah langkah pertama dalam memasak ayam rica-rica daun pandan yang lezat. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

Ayam

Anda akan membutuhkan 1 ekor ayam untuk resep ini. Anda dapat memilih ayam utuh dan memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera Anda. Potongan ayam yang lebih kecil akan mempercepat waktu memasak dan memastikan bumbu meresap dengan baik ke dalam daging ayam.

Daun Pandan

Daun pandan adalah bahan kunci dalam resep ayam rica-rica daun pandan ini. Daun pandan memberikan aroma yang harum dan menyegarkan pada hidangan ini. Sebelum digunakan, Anda perlu mengikat daun pandan menjadi simpul agar mudah diambil saat hidangan selesai dimasak.

Minyak Goreng

Anda akan membutuhkan 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis bawang putih dan bawang merah. Minyak goreng ini akan memberikan rasa gurih pada bumbu dan membantu memasak ayam hingga matang sempurna.

Serai

Serai adalah bumbu yang penting dalam hidangan Indonesia. Anda akan membutuhkan 2 batang serai yang sudah dimemarkan untuk menambahkan aroma yang khas pada ayam rica-rica daun pandan ini. Jangan lupa untuk memarkan serai agar aroma dan rasa dapat lebih terasa saat dimasak bersama dengan ayam.

Daun Jeruk

Daun jeruk adalah bumbu yang wajib ada dalam hidangan ayam rica-rica. Anda akan membutuhkan 4 lembar daun jeruk yang sudah sobek-sobek. Daun jeruk ini akan memberikan aroma segar dan sedikit keasaman pada hidangan ayam rica-rica daun pandan yang lezat ini.

Cabai Merah Keriting

Cabai merah keriting adalah salah satu bumbu utama dalam masakan Indonesia. Anda akan membutuhkan 5 buah cabai merah keriting yang diiris serong. Cabai ini akan memberikan rasa pedas yang khas pada ayam rica-rica daun pandan ini. Jika Anda tidak terlalu menyukai makanan pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai yang digunakan sesuai dengan selera Anda.

Cabai Rawit Merah

Cabai rawit merah adalah cabai kecil yang sangat pedas. Jika Anda menyukai makanan pedas, Anda dapat menambahkan 10 buah cabai rawit merah yang diiris serong ke dalam hidangan ini. Namun, jika Anda tidak terlalu tahan dengan makanan pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan atau bahkan tidak menggunakan cabai rawit sama sekali.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawang merah adalah bumbu yang umum digunakan dalam masakan Indonesia. Anda akan membutuhkan 4 siung bawang putih yang sudah dicincang halus dan 6 butir bawang merah yang juga sudah dicincang halus. Bawang putih dan bawang merah ini akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada ayam rica-rica daun pandan ini.

Garam, Gula Pasir, Merica Bubuk, dan Kaldu Ayam Bubuk

Untuk memberikan cita rasa yang lezat pada hidangan ini, Anda akan membutuhkan 2 sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh merica bubuk, dan 1 sendok teh kaldu ayam bubuk. Bumbu-bumbu ini akan memberikan rasa yang seimbang antara pedas, gurih, dan sedikit manis pada ayam rica-rica daun pandan ini.

Air Jeruk Nipis dan Air Putih

Air jeruk nipis adalah bahan yang penting dalam memasak ayam rica-rica daun pandan ini. Anda akan membutuhkan 1 sendok makan air jeruk nipis untuk memberikan sedikit keasaman pada hidangan ini. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan 200 ml air putih untuk membentuk kuah pada ayam rica-rica daun pandan yang lezat ini.

Instructions

Setelah Anda menyiapkan semua bahan, saatnya memasak ayam rica-rica daun pandan yang lezat ini. Ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama:

Tumis Bawang Putih dan Bawang Merah

Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dicincang halus hingga harum dan berubah warna kecokelatan. Pastikan Anda menumis bawang dengan api sedang agar tidak terlalu cepat gosong.

Masak Ayam

Setelah bawang putih dan bawang merah harum, masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk-aduk ayam hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Pastikan semua bagian ayam terendam minyak agar matang dengan merata. Memasak ayam dengan api sedang akan memastikan ayam matang sempurna tanpa terlalu cepat gosong di bagian luar.

Tambahkan Daun Pandan, Serai, dan Daun Jeruk

Setelah ayam berubah warna, tambahkan daun pandan yang sudah diikat simpul, serai yang sudah dimemarkan, dan daun jeruk yang sudah sobek-sobek ke dalam wajan. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata. Daun pandan akan memberikan aroma yang harum dan segar pada ayam rica-rica daun pandan ini, sedangkan serai dan daun jeruk akan memberikan aroma yang khas pada hidangan ini.

Masukkan Cabai Merah Keriting dan Cabai Rawit Merah

Selanjutnya, masukkan irisan cabai merah keriting dan cabai rawit merah ke dalam wajan. Aduk-aduk semua bahan hingga cabai layu. Cabai merah keriting akan memberikan rasa pedas yang khas pada hidangan ini, sedangkan cabai rawit merah akan memberikan tingkat kepedasan yang lebih tinggi. Jika Anda tidak terlalu menyukai makanan pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai yang digunakan sesuai dengan selera Anda.

Bumbui dengan Garam, Gula Pasir, Merica Bubuk, dan Kaldu Ayam Bubuk

Bumbui ayam dengan garam, gula pasir, merica bubuk, dan kaldu ayam bubuk. Aduk-aduk semua bumbu hingga merata di seluruh bagian ayam. Garam akan memberikan rasa gurih pada hidangan ini, sedangkan gula pasir akan memberikan sedikit rasa manis yang seimbang. Merica bubuk akan memberikan rasa pedas yang khas, sedangkan kaldu ayam bubuk akan memberikan rasa gurih yang lezat.

Tuangkan Air Jeruk Nipis dan Air Putih

Tambahkan air jeruk nipis dan air putih ke dalam wajan. Aduk-aduk semua bahan hingga ter

Tambahkan Air Jeruk Nipis dan Air Putih

Tambahkan air jeruk nipis dan air putih ke dalam wajan. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata dan bumbu menyerap ke dalam ayam. Air jeruk nipis akan memberikan sedikit keasaman yang menyegarkan pada hidangan ini, sementara air putih akan membentuk kuah yang lezat dan memastikan bumbu meresap dengan baik ke dalam daging ayam.

Tutup Wajan dan Masak dengan Api Kecil

Setelah semua bahan tercampur rata, tutup wajan dengan rapat. Masak ayam rica-rica daun pandan ini dengan api kecil selama sekitar 40-45 menit. Proses memasak dengan api kecil akan memastikan kuah mengental dan bumbu meresap dengan baik ke dalam ayam. Aduk sesekali agar ayam matang merata dan bumbu terdistribusi dengan sempurna.

Angkat dan Sajikan

Setelah matang, angkat ayam rica-rica daun pandan dari wajan. Pastikan ayam benar-benar matang dan kuah telah mengental. Sajikan ayam rica-rica daun pandan ini selagi hangat bersama dengan nasi putih hangat dan lalapan segar. Anda dapat menambahkan irisan tomat dan mentimun sebagai lalapan untuk menyegarkan hidangan ini.

Aggregate Rating

Resep ayam rica-rica daun pandan ini telah mendapatkan rating rata-rata 4,5/5 dari para pengunjung blog kami. Hidangan ini sangat disukai karena cita rasa pedas yang pas, aroma harum dari daun pandan, dan kelezatan ayam yang empuk. Para pengunjung blog kami juga mengapresiasi petunjuk langkah demi langkah yang kami sertakan dalam resep ini. Dengan mengikuti resep ini dengan seksama, Anda akan mendapatkan hidangan ayam rica-rica daun pandan yang lezat dan menggugah selera.

Cook Time

Waktu memasak ayam rica-rica daun pandan ini membutuhkan sekitar 40 menit hingga 1 jam, tergantung pada ukuran dan jenis ayam yang digunakan. Waktu ini mencakup waktu tumis bawang putih dan bawang merah, memasak ayam hingga matang, menambahkan bumbu dan rempah-rempah, serta membuat kuah mengental. Pastikan Anda memasak dengan sabar dan mengikuti petunjuk langkah demi langkah untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Nutrition Calories

Setiap porsi ayam rica-rica daun pandan mengandung sekitar 350 kalori. Hidangan ini kaya akan protein dari ayam, dan juga mengandung lemak sehat dari minyak goreng. Jumlah kalori dalam hidangan ini dapat berbeda tergantung pada bagian ayam yang digunakan dan jumlah minyak yang digunakan saat memasak. Jika Anda ingin mengurangi jumlah kalori, Anda dapat mengurangi jumlah minyak yang digunakan dalam resep ini atau menggunakan bagian ayam yang lebih rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit.

Prepare Time

Waktu persiapan untuk membuat ayam rica-rica daun pandan ini sekitar 15-20 menit. Proses persiapan meliputi memotong ayam, mencincang bawang putih dan bawang merah, mempersiapkan bumbu dan rempah-rempah, serta mengikat simpul pada daun pandan. Pastikan semua bahan sudah siap dan terorganisir dengan baik sebelum memasak untuk mempermudah dan mempercepat proses memasak.

Recipe Category

Ayam rica-rica daun pandan masuk dalam kategori hidangan utama atau menu makan siang/malam. Hidangan ini cocok disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan lalapan segar. Anda juga dapat menyajikannya sebagai hidangan utama dalam acara keluarga atau pertemuan dengan teman-teman. Kelezatan dan keunikan cita rasa ayam rica-rica daun pandan ini akan membuat hidangan Anda menjadi sorotan di meja makan.

Recipe Cuisine

Ayam rica-rica daun pandan merupakan hidangan khas Indonesia yang berasal dari daerah Sulawesi. Hidangan ini sangat populer di seluruh nusantara karena cita rasanya yang pedas dan aromanya yang harum dari daun pandan. Rempah-rempah yang digunakan dalam hidangan ini memberikan sentuhan khas Indonesia yang sulit dilupakan. Ayam rica-rica daun pandan adalah salah satu contoh yang sempurna dari kekayaan kuliner Indonesia.

Recipe Yield

Resep ini memiliki yield sekitar 4-6 porsi, tergantung pada porsi masing-masing. Jika Anda ingin menyajikan untuk jumlah yang lebih banyak, Anda dapat menyesuaikan jumlah bahan sesuai dengan kebutuhan. Resep ini dapat dengan mudah diubah menjadi jumlah yang lebih besar untuk acara keluarga atau pertemuan dengan teman-teman. Pastikan Anda juga menyesuaikan waktu memasak dan jumlah bumbu yang digunakan agar cita rasa tetap lezat.

Total Time

Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat ayam rica-rica daun pandan ini adalah sekitar 1 jam hingga 1 jam 20 menit. Waktu ini mencakup waktu persiapan, memasak, dan waktu untuk bumbu meresap dengan baik pada ayam. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, hasil akhir yang lezat dan memuaskan akan sebanding dengan usaha yang Anda lakukan. Nikmati proses memasak dan sajikan hidangan ini dengan bangga kepada keluarga dan teman-teman Anda.

Dengan resep ayam rica-rica daun pandan yang lengkap dan jelas ini, Anda dapat mencoba membuat hidangan lezat ini di rumah. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dengan seksama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Nikmati sensasi pedas dan aromanya yang harum dari daun pandan yang menyegarkan selera Anda.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kami untuk mendapatkan resep-resep lainnya yang lezat dan bergizi. Terima kasih telah mengunjungi blog kami dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Related video of Resep Ayam Rica-Rica Daun Pandan

Posting Komentar