Resep Ayam Suwir yang Awet

Resep Ayam Suwir yang Awet

Resep Ayam Suwir yang Awet
Resep Ayam Suwir yang Awet - Blog SEO

Selamat datang di blog kami! Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan resep ayam suwir yang awet. Ayam suwir merupakan hidangan yang sangat populer di Indonesia, terutama dalam acara-acara keluarga dan pesta. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan, Anda akan dapat membuat hidangan yang lezat dan tahan lama.

Ayam suwir memiliki cita rasa yang gurih dan tekstur yang lembut. Dalam resep ini, kami akan menggunakan bumbu-bumbu tradisional yang sudah terbukti menghasilkan hidangan yang lezat. Anda juga dapat menyesuaikan resep ini sesuai dengan selera Anda, misalnya dengan menambahkan bumbu pedas atau mengurangi jumlah gula. Mari kita mulai memasak ayam suwir yang awet ini!

Bahan-bahan:

- 1 ekor ayam, potong menjadi bagian-bagian kecil
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 3 cm jahe, parut
- 2 batang serai, memarkan
- 2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 3 lembar daun jeruk purut
- 2 buah cabai merah, iris tipis
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdm kecap manis
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya

Menyiapkan Ayam

Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan ayam yang akan digunakan untuk resep ayam suwir yang awet ini. Pilihlah ayam yang segar dan berkualitas baik. Anda dapat menggunakan ayam kampung atau ayam biasa sesuai dengan preferensi Anda. Setelah memilih ayam yang diinginkan, potong ayam menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah dimasak dan suwir. Bersihkan ayam dengan air mengalir dan pastikan tidak ada sisa bulu atau kotoran yang menempel pada ayam. Setelah itu, tiriskan ayam sejenak sebelum dimasak.

Ayam yang segar dan berkualitas akan memberikan hasil yang lebih lezat dan awet. Pastikan untuk membeli ayam dari sumber yang terpercaya dan menjaga kebersihan saat menyiapkan ayam sebelum dimasak. Hal ini sangat penting untuk menghindari risiko penyakit yang terkait dengan makanan. Jadi, pastikan Anda melakukan langkah-langkah persiapan ayam dengan cermat.

Membuat Bumbu Tumis

Setelah ayam siap, langkah selanjutnya adalah membuat bumbu tumis yang akan memberikan aroma dan rasa khas pada ayam suwir yang awet ini. Siapkan bawang putih, jahe, serai, daun salam, lengkuas, daun jeruk purut, dan cabai merah. Cincang halus bawang putih, parut jahe, dan iris tipis cabai merah. Kemudian, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih, jahe, serai, daun salam, lengkuas, daun jeruk purut, dan cabai merah hingga harum. Tumis bumbu-bumbu ini dengan api sedang agar tidak gosong dan terbakar.

Bumbu tumis yang digunakan dalam resep ayam suwir yang awet ini memberikan aroma yang harum dan rasa yang lezat pada ayam suwir. Bawang putih memberikan cita rasa yang khas, jahe memberikan sensasi hangat, serai memberikan aroma segar, daun salam dan daun jeruk purut memberikan aroma alami yang khas, dan cabai merah memberikan sedikit kepedasan yang menyegarkan. Tumis bumbu-bumbu ini dengan hati-hati agar tidak terlalu gosong atau terbakar karena dapat memberikan rasa yang tidak enak pada ayam suwir.

Memasak Ayam Suwir

Setelah bumbu tumis harum, saatnya memasukkan ayam yang telah direbus ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga bumbu merata dan ayam terbalut dengan baik. Tambahkan gula pasir, kecap manis, dan garam secukupnya untuk memberikan rasa manis dan gurih pada ayam suwir. Aduk kembali hingga semua bumbu tercampur dengan baik dan meresap ke dalam ayam. Masak ayam suwir ini dengan api sedang hingga ayam terlihat kering dan berwarna kecokelatan. Pastikan untuk terus mengaduk agar ayam tidak gosong dan bumbu merata di seluruh bagian ayam.

Proses memasak ayam suwir membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Anda perlu memastikan bahwa ayam terus diaduk agar tidak gosong atau terlalu kering. Jika ayam terlihat terlalu kering, Anda dapat menambahkan sedikit air panas agar ayam tetap lembut dan tidak keras. Saat ayam suwir terlihat kering dan berwarna kecokelatan, artinya ayam telah matang dan siap disajikan. Angkat ayam suwir dari wajan dan tiriskan sejenak sebelum disajikan.

Rating Agregat:

Bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep ayam suwir yang awet ini memberikan cita rasa yang enak dan lezat. Dengan memasak ayam suwir menggunakan resep ini, Anda akan mendapatkan hidangan yang disukai oleh banyak orang. Jangan lupa untuk memberikan rating dan pendapat Anda setelah mencoba resep ini!

Waktu Memasak:

Waktu memasak ayam suwir yang awet ini sekitar 1 jam, termasuk waktu memasak dan menyiapkan bahan-bahan. Namun, hasil yang didapatkan akan sebanding dengan waktu dan usaha yang dikeluarkan. Mari mencoba resep ini dan nikmati hidangan yang lezat dan awet!

Informasi Nutrisi:

Setiap porsi ayam suwir yang awet mengandung sekitar 200 kalori. Jumlah kalori ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan. Ayam juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep ini juga memiliki manfaat kesehatan, seperti jahe yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Waktu Persiapan:

Waktu persiapan untuk resep ayam suwir yang awet ini sekitar 30 menit. Anda perlu menyiapkan semua bahan dan memotong-motong ayam sebelum memasak. Pastikan untuk membersihkan ayam dengan baik sebelum dimasak untuk menghindari risiko penyakit yang terkait dengan makanan.

Kategori Resep:

Resep ayam suwir yang awet ini termasuk dalam kategori masakan Indonesia. Hidangan ini sangat populer di Indonesia dan sering disajikan dalam berbagai acara seperti pesta, keluarga, atau bahkan makan sehari-hari. Mari nikmati kelezatan masakan Indonesia dengan resep ayam suwir yang awet ini!

Asal Masakan:

Ayam suwir merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia. Hidangan ini memiliki rasa yang khas dan telah menjadi bagian dari budaya kuliner Indonesia. Ayam suwir sering disajikan dalam berbagai acara, mulai dari arisan, acara keluarga, hingga acara pernikahan. Kelezatan dan keawetan ayam suwir membuatnya menjadi pilihan favorit di setiap kesempatan.

Ayam suwir yang awet ini juga merupakan hidangan yang sangat praktis dan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. Setelah dimasak, Anda bisa menyimpan ayam suwir dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Ayam suwir bisa bertahan hingga 3 hari dan masih tetap enak dan lezat saat dihangatkan kembali sebelum disajikan. Hal ini membuat ayam suwir menjadi pilihan yang tepat untuk persiapan makanan dalam jumlah besar atau untuk menu harian yang praktis.

Hasil Masakan:

Resep ayam suwir yang awet ini menghasilkan hidangan untuk sekitar 4-6 porsi. Jumlah ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah orang yang akan menikmati hidangan ini. Anda dapat mengatur jumlah bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin lebih awet, Anda dapat menggandakan jumlah bahan dan menyimpan sisa ayam suwir dalam freezer untuk digunakan di lain waktu. Dengan begitu, Anda bisa menikmati kelezatan ayam suwir kapan pun Anda inginkan.

Total Waktu:

Total waktu yang dibutuhkan untuk memasak ayam suwir yang awet ini adalah sekitar 1 jam 30 menit. Waktu ini termasuk persiapan bahan, memasak, dan penyelesaian hidangan. Meskipun waktu memasaknya cukup lama, hasil yang didapatkan akan sebanding dengan usaha yang Anda keluarkan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan, Anda akan dapat menyajikan hidangan lezat dan awet dalam waktu yang relatif singkat.

Dengan resep ayam suwir yang awet ini, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat dan tahan lama. Ayam suwir yang gurih dan lembut akan menjadi santapan yang disukai oleh seluruh keluarga. Jangan ragu untuk menyesuaikan resep ini sesuai dengan selera Anda, misalnya dengan menambahkan bumbu pedas atau mengurangi jumlah gula. Selamat mencoba resep ayam suwir yang awet ini di rumah dan nikmati kelezatannya bersama orang-orang tercinta!

Related video of Resep Ayam Suwir yang Awet

Posting Komentar