Resep Ayam Ungkep Sebelum Dibakar

Resep Ayam Ungkep Sebelum Dibakar

Resep Ayam Ungkep Sebelum Dibakar

Siapa yang tidak suka dengan ayam ungkep yang gurih dan lezat? Ayam ungkep adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Rasanya yang enak dan aroma rempah yang khas membuatnya menjadi favorit banyak orang. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi resep ayam ungkep sebelum dibakar yang dapat Anda coba di rumah. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan:

1. Ayam:

Untuk membuat ayam ungkep sebelum dibakar, Anda membutuhkan 1 ekor ayam segar yang sudah dipotong sesuai selera. Pastikan ayam yang digunakan berkualitas baik dan bebas dari bau tidak sedap.

2. Bumbu Halus:

Untuk membuat bumbu halus, Anda akan membutuhkan 5 siung bawang putih dan 3 cm jahe. Haluskan kedua bahan ini menggunakan blender atau ulekan hingga menjadi pasta yang halus dan tidak ada yang menggumpal. Bumbu halus ini akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada ayam ungkep.

3. Bahan Tambahan:

Selain ayam dan bumbu halus, Anda juga akan membutuhkan beberapa bahan tambahan untuk membuat ayam ungkep sebelum dibakar. Bahan-bahan tambahan tersebut antara lain 2 batang serai yang sudah dimemarkan, 3 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 1 sendok makan garam, 1 sendok teh gula merah, 1 sendok makan kecap manis, dan air secukupnya. Bahan-bahan tambahan ini akan memberikan cita rasa yang lebih kompleks pada ayam ungkep.

Persiapan Ayam Ungkep Sebelum Dibakar:

1. Potong Ayam:

Pertama-tama, potong ayam sesuai selera. Anda dapat memilih potongan ayam yang Anda sukai, seperti potongan dada, paha, atau sayap. Pastikan potongan ayam tidak terlalu besar agar bumbu dapat meresap dengan baik.

2. Haluskan Bawang Putih dan Jahe:

Setelah potongan ayam siap, haluskan bawang putih dan jahe. Anda dapat menggunakan blender atau ulekan untuk menghaluskannya. Pastikan bawang putih dan jahe benar-benar halus dan tidak ada yang menggumpal.

3. Persiapkan Bahan Tambahan:

Memarkan batang serai untuk mengeluarkan aroma dan rasa yang khas. Siapkan juga daun salam dan daun jeruk yang akan memberikan aroma yang segar pada ayam ungkep. Sediakan garam, gula merah, kecap manis, dan air secukupnya sebagai bahan tambahan untuk membuat bumbu ayam ungkep.

Mengungkep Ayam Sebelum Dibakar:

1. Tumis Bumbu Halus dan Bahan Tambahan:

Panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum. Tumis dengan api kecil agar bumbu tidak gosong dan terbakar. Aduk rata agar bumbu tercampur dengan baik.

2. Masukkan Potongan Ayam:

Setelah bumbu halus dan bahan tambahan sudah harum, masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk rata potongan ayam dengan bumbu hingga semua bagian ayam terbalut dengan bumbu. Pastikan setiap potongan ayam terendam dalam bumbu.

3. Tambahkan Air dan Bahan Tambahan:

Tuangkan air secukupnya ke dalam wajan, cukup untuk merendam potongan ayam. Tambahkan garam, gula merah, dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk rata bumbu dan air dengan ayam. Pastikan bumbu tercampur dengan baik dan merata di setiap potongan ayam.

4. Ungkep Ayam dengan Api Kecil:

Tutup wajan dan masak dengan api kecil. Biarkan ayam ungkep dengan bumbu mendidih perlahan-lahan. Dengan memasak dengan api kecil, bumbu dapat meresap ke dalam daging ayam secara menyeluruh. Jika air berkurang, tambahkan sedikit air lagi agar ayam tetap terendam.

5. Diamkan dan Rendam Ayam:

Setelah ayam ungkep matang, diamkan ayam dalam bumbu selama beberapa jam atau semalaman. Hal ini akan membuat bumbu meresap ke dalam daging ayam dengan sempurna, sehingga rasa ayam ungkep menjadi lebih nikmat.

Pemanggangan Ayam Ungkep:

1. Siapkan Panggangan:

Setelah ayam ungkep direndam dalam bumbu, siapkan panggangan atau bara api. Panggangan akan memberikan kelezatan kulit ayam ungkep yang renyah dan kecokelatan.

2. Bakar Ayam Hingga Matang:

Panggang ayam ungkep di atas bara api atau panggangan dengan suhu yang tinggi. Bolak-balikkan ayam secara teratur agar matang merata dan kulitnya menjadi renyah dan kecokelatan. Pastikan ayam matang sempurna dan tidak ada bagian yang masih mentah.

3. Angkat dan Sajikan:

Setelah ayam ungkep sebelum dibakar matang dan berkulit renyah, angkat dari panggangan. Biarkan sebentar agar ayam sedikit dingin, lalu potong-potong dan sajikan. Ayam ungkep sebelum dibakar siap untuk dinikmati bersama nasi hangat dan sambal kecap.

Informasi Tambahan:

Waktu Memasak:

Waktu memasak ayam ungkep sebelum dibakar membutuhkan sekitar 1 jam untuk proses pengungkepan dan 30-45 menit untuk proses pemanggangan. Dalam total, waktu memasak ayam ungkep sebelum dibakar adalah sekitar 2 jam.

Kalori:

Jumlah kalori dalam ayam ungkep sebelum dibakar dapat bervariasi tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan. Secara umum, dalam 100 gram ayam ungkep mengandung sekitar 150-200 kalori. Namun, jumlah kalori dapat berbeda tergantung pada bagian ayam yang digunakan dan jumlah bumbu yang digunakan.

Waktu Persiapan:

Waktu persiapan ayam ungkep sebelum dibakar sekitar 15-20 menit untuk menyiapkan bahan-bahan dan 3-4 jam untuk proses pengungkepan. Total waktu persiapan adalah sekitar 3-4 jam.

Kategori Resep:

Ayam ungkep sebelum dibakar termasuk dalam kategori hidangan utama. Hidangan ini cocok disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam bersama keluarga.

Asal Makanan:

Ayam ungkep sebelum dibakar merupakan hidangan khas Indonesia. Hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan biasanya disajikan dalam acara-acara spesial atau sebagai hidangan sehari-hari.

Porsi:

Resep ini dapat menghasilkan sekitar 4-6 porsi ayam ungkep sebelum dibakar, tergantung pada ukuran potongan ayam yang digunakan. Jika ada sisa, ayam ungkepsebelum dibakar juga dapat disimpan dalam lemari es dan dinikmati kembali pada hari berikutnya. Anda dapat menghangatkannya kembali sebelum menyajikan.

Total Waktu:

Total waktu yang diperlukan untuk membuat ayam ungkep sebelum dibakar adalah sekitar 4-5 jam. Waktu ini meliputi persiapan bahan, proses pengungkepan, dan pemanggangan. Meskipun memakan waktu yang cukup lama, namun hasilnya akan sebanding dengan rasa yang lezat dan nikmat yang akan Anda dapatkan.

Kesimpulan

Ayam ungkep sebelum dibakar adalah hidangan yang lezat dan menggugah selera. Dengan menggunakan resep ini, Anda dapat mencoba membuat ayam ungkep yang enak dan lezat di rumah. Proses pengungkepan yang dilakukan sebelum pemanggangan akan membuat ayam lebih empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Selain itu, pemanggangan pada akhirnya akan memberikan kulit ayam yang renyah dan kecokelatan. Hidangan ini cocok disajikan sebagai hidangan utama dalam acara keluarga atau acara-acara spesial. Selamat mencoba resep ayam ungkep sebelum dibakar ini dan nikmati sensasi kelezatannya!

Related video of Resep Ayam Ungkep Sebelum Dibakar

Posting Komentar