Resep Ayam Bakar Kecap Tanpa Cabe

Resep Ayam Bakar Kecap Tanpa Cabe

Resep Ayam Bakar Kecap Tanpa Cabe

Apakah Anda penggemar ayam bakar? Jika ya, maka Anda harus mencoba resep ayam bakar kecap tanpa cabe yang lezat ini! Dengan menggunakan bumbu-bumbu yang sederhana dan mudah didapatkan, Anda dapat membuat hidangan ayam bakar yang lezat dan menggugah selera untuk keluarga dan teman-teman Anda. Resep ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka pedas atau bagi yang memiliki alergi terhadap cabe. Mari kita mulai!

Bahan-bahan:

- 1 kg ayam (pilih bagian yang Anda sukai, seperti paha atau dada)

- 5 sendok makan kecap manis

- 3 sendok makan saus tomat

- 2 sendok makan gula merah, serut

- 4 siung bawang putih, cincang halus

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh lada bubuk

- 2 sendok makan minyak sayur

- 2 sendok makan air jeruk nipis

- 2 sendok makan air asam jawa

- 1 sendok teh terasi, sangrai

Instruksi:

1. Cuci bersih ayam dan tiriskan.

2. Campurkan kecap manis, saus tomat, gula merah, bawang putih, garam, lada bubuk, minyak sayur, air jeruk nipis, air asam jawa, dan terasi dalam wadah yang besar.

3. Masukkan ayam ke dalam wadah berisi bumbu, aduk rata hingga seluruh bagian ayam terbalut dengan bumbu. Diamkan selama minimal 1 jam agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

4. Panaskan panggangan atau grill dengan api sedang. Panggang ayam selama kurang lebih 25-30 menit, sambil sesekali membalik ayam agar matang merata dan terbentuk lapisan kecap pada permukaannya.

5. Angkat ayam bakar kecap tanpa cabe dari panggangan dan sajikan selagi hangat.

Pemilihan Bagian Ayam yang Tepat

Resep ayam bakar kecap ini memungkinkan Anda untuk memilih bagian ayam yang paling Anda sukai. Beberapa pilihan bagian ayam yang sering digunakan adalah paha atau dada. Paha ayam memiliki daging yang lebih kenyal dan lezat, sedangkan dada ayam memiliki daging yang lebih tender. Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi Anda dan selera keluarga.

Pastikan untuk memilih ayam yang segar dan berkualitas baik. Cek kebersihan dan keutuhan daging ayam sebelum memasaknya. Jika Anda menggunakan ayam beku, pastikan untuk mencairkannya terlebih dahulu dan membersihkannya dengan air dingin sebelum digunakan.

Pembuatan Bumbu Ayam Bakar Kecap

Bumbu ayam bakar kecap yang digunakan dalam resep ini sangat sederhana namun memberikan rasa yang kaya dan lezat. Kecap manis, saus tomat, gula merah, bawang putih, garam, lada bubuk, minyak sayur, air jeruk nipis, air asam jawa, dan terasi adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat bumbu ini.

Kecap manis memberikan rasa manis dan karamel yang lezat pada ayam bakar. Saus tomat memberikan sedikit rasa asam dan kaya akan aroma. Gula merah memberikan kelezatan dan kekenyalan pada bumbu. Bawang putih memberikan aroma yang harum dan khas. Garam dan lada bubuk memberikan rasa gurih dan pedas yang seimbang. Minyak sayur digunakan untuk memasak dan memberikan kelembutan pada ayam. Air jeruk nipis dan air asam jawa memberikan rasa segar dan asam yang menyegarkan. Terasi yang disangrai memberikan aroma yang khas pada bumbu ayam bakar kecap ini.

Pelapisan Bumbu pada Ayam

Setelah bumbu ayam bakar kecap selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah melapisi ayam dengan bumbu tersebut. Pastikan setiap bagian ayam terbalut dengan bumbu agar rasa dan aroma bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, diamkan ayam dalam bumbu selama minimal 1 jam. Dalam waktu tersebut, bumbu akan meresap ke dalam daging ayam dan memberikan rasa yang lebih kaya dan lezat. Jika memiliki waktu lebih lama, Anda dapat membiarkan ayam dalam bumbu selama beberapa jam atau semalaman dalam kulkas untuk hasil yang lebih optimal.

Panggang Ayam dengan Suhu yang Tepat

Setelah ayam dilapisi dengan bumbu, panggang ayam di dalam panggangan atau grill dengan suhu yang sedang. Suhu yang tepat akan memastikan ayam matang secara merata dan terbentuk lapisan kecap yang karamel dan menggoda pada permukaannya.

Panaskan panggangan atau grill sebelum memasukkan ayam. Pastikan suhu yang digunakan tidak terlalu tinggi agar ayam tidak gosong dan tetap lezat. Panggang ayam selama 25-30 menit, sambil sesekali membalik ayam agar matang merata. Jangan terlalu sering membalik ayam agar lapisan kecap tidak rusak dan tetap terbentuk dengan baik.

Rating Rata-rata:

4.5/5 (berdasarkan ulasan 20 orang)

Waktu Memasak:

30 menit

Kandungan Gizi (per porsi):

- Kalori: 350 kkal

- Protein: 30 gram

- Lemak: 20 gram

- Karbohidrat: 15 gram

Waktu Persiapan:

10 menit

Kategori Resep:

Ayam Bakar

Asal Makanan:

Indonesia

Porsi:

4-6 porsi

Total Waktu:

1 jam 40 menit

Demikianlah resep ayam bakar kecap tanpa cabe yang bisa Anda coba di rumah. Dengan bumbu yang kaya akan rasa, ayam bakar ini akan menjadi hidangan yang nikmat untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman Anda. Selamat mencoba!

Related video of Resep Ayam Bakar Kecap Tanpa Cabe

Posting Komentar