Resep Ayam Bakar Lunak Sambal Kecombrang

Resep Ayam Bakar Lunak Sambal Kecombrang

Resep Ayam Bakar Lunak Sambal Kecombrang

Pada tahun 2023 ini, kami ingin berbagi resep ayam bakar lunak dengan sambal kecombrang yang lezat dan menggugah selera. Ayam bakar merupakan salah satu hidangan Indonesia yang paling populer dan memiliki rasa yang khas. Kombinasi rasa ayam yang lezat dengan sambal kecombrang yang pedas dan aromatik akan membuat siapa pun ketagihan.

Ingredient

Resep ayam bakar lunak sambal kecombrang ini membutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda perlukan:

Ayam

Anda akan membutuhkan 1 ekor ayam yang dipotong menjadi beberapa bagian. Pastikan Anda memilih ayam yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Potong ayam sesuai selera Anda, bisa menjadi bagian paha, dada, atau sayap.

Kecombrang

Kecombrang, juga dikenal sebagai bunga kunci suasa, adalah bahan yang sangat penting dalam resep ini. Kecombrang memiliki aroma yang khas dan memberikan sensasi pedas yang segar. Iris kecombrang tipis-tipis agar mudah tercampur dengan ayam dan memberikan rasa yang merata.

Bumbu Marinasi

Untuk bumbu marinasi, Anda akan membutuhkan beberapa bahan sebagai berikut:

- 5 siung bawang merah, iris halus

- 3 siung bawang putih, cincang halus

- 3 buah cabai merah besar, iris serong

- 2 sendok makan kecap manis

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula

- 1 sendok teh merica bubuk

- 1 sendok teh air jeruk nipis

Marinasi ini akan memberikan rasa yang lezat pada ayam dan membuatnya lebih lunak serta meresap dengan baik.

Minyak Goreng

Anda juga perlu menyiapkan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam dan menumis kecombrang. Pilih minyak yang tahan panas dan memiliki rasa yang netral agar tidak mengganggu rasa ayam bakar.

Instructions

Setelah menyiapkan semua bahan, berikut adalah langkah-langkah dalam memasak ayam bakar lunak sambal kecombrang:

Bumbu Marinasi

1. Pertama, siapkan bumbu marinasi dengan mencampurkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kecap manis, garam, gula, merica bubuk, dan air jeruk nipis dalam wadah yang cukup besar. Pastikan bumbu tercampur dengan baik sehingga rasa meresap ke dalam ayam.

Ayam Bakar

2. Selanjutnya, masukkan potongan ayam ke dalam wadah berisi bumbu marinasi. Aduk rata hingga ayam terbalut dengan baik oleh bumbu. Diamkan selama minimal 1 jam agar bumbu meresap dengan baik ke dalam daging ayam.

Penggorengan

3. Setelah proses marinasi, panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. Pastikan minyak cukup panas sebelum menggoreng ayam agar hasilnya renyah dan berwarna kecokelatan. Angkat ayam dari bumbu marinasi dan tiriskan sebentar agar tidak terlalu berminyak saat digoreng.

Tumis Kecombrang

4. Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan lain dan tumis irisan kecombrang hingga harum dan layu. Pastikan kecombrang matang sempurna tetapi tetap renyah. Proses ini akan memberikan aroma yang khas dan segar pada ayam bakar.

Penyelesaian

5. Masukkan ayam bakar yang sudah digoreng ke dalam wajan dengan kecombrang. Aduk rata hingga bumbu merata dan ayam terbalut dengan sambal kecombrang. Pastikan setiap potongan ayam tercampur dengan baik oleh sambal kecombrang sehingga rasa meresap dengan sempurna.

Sajikan

6. Angkat dan sajikan ayam bakar lunak sambal kecombrang dengan nasi hangat dan sayuran segar. Anda juga dapat menambahkan irisan mentimun atau tomat sebagai pelengkap untuk memberikan sensasi segar pada hidangan ini. Nikmati ayam bakar lunak yang lezat ini bersama keluarga dan teman terdekat Anda.

Aggregate Rating

Resep ayam bakar lunak sambal kecombrang ini telah mendapatkan rating rata-rata sebesar 4.5 dari 5 berdasarkan ulasan dari 50 orang. Hal ini menunjukkan betapa lezat dan populernya hidangan ini di kalangan penggemar masakan Indonesia.

Cook Time

Waktu memasak untuk resep ayam bakar lunak sambal kecombrang ini adalah sekitar 30 menit. Proses persiapan dan penggorengan ayam membutuhkan waktu yang cukup singkat sehingga Anda dapat menikmati hidangan ini dengan cepat.

Nutrition Calories

Setiap porsi ayam bakar lunak sambal kecombrang mengandung sekitar 350 kalori. Sebagai hidangan yang mengandung protein tinggi, ayam bakar ini dapat memberikan energi yang baik untuk tubuh Anda. Berikut adalah informasi nutrisi per porsi:

- Lemak: 15g

- Karbohidrat: 20g

- Protein: 30g

Perhatikan bahwa jumlah kalori dan nutrisi dapat bervariasi tergantung pada ukuran potongan ayam dan jumlah bahan yang digunakan.

Prepare Time

Waktu persiapan untuk resep ayam bakar lunak sambal kecombrang ini adalah sekitar 1 jam. Proses marinasi yang memakan waktu adalah kunci utama untuk mendapatkan rasa yang meresap ke dalam daging ayam. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk menghasilkan hidangan yang lezat ini.

Recipe Category

Resep ayam bakar lunak sambal kecombrang ini termasuk dalam kategori masakan Indonesia. Masakan Indonesia dikenal dengan keanekaragaman rasa dan bumbu yang khas. Ayam bakar merupakan salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia dan dapat ditemukan di berbagai daerah.

Recipe Cuisine

Hidangan ayam bakar lunak sambal kecombrang ini termasuk dalam resep masakan Indonesia. Masakan Indonesia memiliki beragam cita rasa dan bumbu yang kaya, dan resep ini adalah salah satu contoh dari kekayaan kuliner Indonesia. Dengan rasa yang pedas, gurih, dan segar, hidangan ini mewakili keunikan masakan Indonesia.

Recipe Yield

Resep ini menghasilkan 4 porsi ayam bakar lunak sambal kecombrang. Jumlah ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat lebih banyak atau kurang porsi, Anda dapat menyesuaikan jumlah bahan sesuai dengan keinginan.

Total Time

Waktu total yang dibutuhkan untuk memasak ayam bakar lunak sambal kecombrang ini adalah sekitar 1 jam 30 menit. Waktu ini mencakup persiapan, marinasi, penggorengan, dan penyelesaian hidangan. Meskipun membutuhkan sedikit waktu, hasil akhir yang lezat akan sepadan dengan us

Waktu total yang dibutuhkan untuk memasak ayam bakar lunak sambal kecombrang ini adalah sekitar 1 jam 30 menit. Waktu ini mencakup persiapan, marinasi, penggorengan, dan penyelesaian hidangan. Meskipun membutuhkan sedikit waktu, hasil akhir yang lezat akan sepadan dengan usaha yang Anda keluarkan.

Ayam bakar lunak sambal kecombrang ini merupakan hidangan yang sangat cocok untuk berbagai kesempatan. Anda dapat menyajikannya di acara makan malam keluarga, pesta santai bersama teman-teman, atau bahkan sebagai hidangan spesial untuk acara tertentu seperti ulang tahun atau perayaan. Rasanya yang lezat dan penampilannya yang menarik akan membuat hidangan ini menjadi pusat perhatian di meja makan.

Salah satu keunikan dari resep ayam bakar lunak sambal kecombrang ini adalah penggunaan kecombrang sebagai bumbu sambal. Kecombrang, atau bunga kunci suasa, memiliki aroma yang khas dan memberikan sensasi pedas yang segar. Irisan kecombrang yang tipis akan tercampur dengan baik dalam bumbu sambal, memberikan rasa yang kaya dan tekstur yang menarik pada ayam bakar Anda.

Proses marinasi adalah langkah kunci dalam resep ini. Dengan membiarkan ayam terendam dalam bumbu marinasi selama minimal 1 jam, rasa bumbu akan meresap ke dalam daging ayam dan membuatnya lebih lunak dan lezat. Pastikan untuk mengaduk ayam secara merata dalam bumbu agar rasa meresap dengan sempurna.

Saat menggoreng ayam, pastikan minyak sudah cukup panas agar ayam matang dengan baik dan berwarna kecokelatan yang menggoda. Setelah digoreng, ayam bakar yang lezat ini akan memiliki tekstur yang renyah di luar namun tetap lunak dan juicy di dalam. Tiriskan sebentar agar kelebihan minyak keluar dari ayam sebelum dilanjutkan dengan tahap berikutnya.

Untuk sambal kecombrang, tumis irisan kecombrang dengan sedikit minyak hingga harum dan layu. Proses ini akan mengeluarkan aroma yang khas dari kecombrang dan membuatnya semakin lezat saat dicampur dengan ayam bakar. Pastikan kecombrang matang sempurna tetapi tetap renyah untuk memberikan tekstur yang menarik dalam hidangan ini.

Setelah itu, tambahkan ayam bakar yang sudah digoreng ke dalam wajan dengan kecombrang dan aduk rata hingga bumbu merata dan ayam terbalut dengan sambal kecombrang. Proses ini akan memberikan rasa yang kaya dan merata pada setiap potongan ayam. Pastikan setiap bagian ayam tercampur dengan baik oleh sambal kecombrang sehingga Anda dapat menikmati rasa yang lezat dan pedas pada setiap gigitan.

Ayam bakar lunak sambal kecombrang ini disajikan dengan nasi hangat dan sayuran segar sebagai pelengkap. Anda dapat menambahkan irisan mentimun atau tomat untuk memberikan sensasi segar yang menyegarkan pada hidangan ini. Kombinasi rasa ayam yang lezat, sambal kecombrang yang pedas, dan tekstur yang beragam akan membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan Anda.

Resep ayam bakar lunak sambal kecombrang ini telah mendapatkan rating rata-rata sebesar 4.5 dari 5 berdasarkan ulasan dari 50 orang. Hal ini menunjukkan betapa lezat dan populernya hidangan ini di kalangan penggemar masakan Indonesia. Dengan rasa yang menggugah selera dan tampilan yang menarik, ayam bakar ini akan menjadi hidangan yang mengesankan untuk disajikan kepada keluarga dan teman-teman terdekat Anda.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ayam bakar lunak sambal kecombrang ini di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Anda dapat menghadirkan hidangan yang lezat dan berbeda di meja makan Anda. Nikmati kelezatan ayam bakar yang lunak dan pedas ini bersama orang-orang terkasih. Selamat mencoba!

Related video of Resep Ayam Bakar Lunak Sambal Kecombrang

Posting Komentar