Resep Ayam Fillet untuk Anak 2 Tahun

Resep Ayam Fillet untuk Anak 2 Tahun

Resep Ayam Fillet untuk Anak 2 Tahun

Menyajikan makanan sehat dan bergizi untuk anak usia 2 tahun sangatlah penting. Ayam fillet merupakan pilihan yang baik untuk memberikan asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Dalam resep ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk memasak ayam fillet yang lezat dan disukai oleh anak-anak.

Bahan-bahan:

- 250 gram daging ayam fillet, potong kecil-kecil

- 2 sendok makan tepung terigu

- 1 butir telur, kocok lepas

- 1 sendok teh bawang putih bubuk

- Garam secukupnya

- Merica secukupnya

- Minyak sayur untuk menggoreng

Langkah-langkah:

1. Persiapan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Potong daging ayam fillet menjadi potongan kecil-kecil agar mudah dikunyah oleh anak. Sediakan juga tepung terigu, telur yang telah dikocok lepas, bawang putih bubuk, garam, dan merica.

2. Mengolah Ayam Fillet

Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, bawang putih bubuk, garam, dan merica. Aduk rata. Masukkan potongan ayam fillet ke dalam campuran tepung terigu, lalu balurkan hingga ayam terlapisi dengan baik.

3. Menggoreng Ayam Fillet

Panaskan minyak sayur dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan ayam fillet yang telah dilapisi tepung terigu ke dalam wajan. Goreng ayam hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan ayam fillet pada tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.

4. Sajikan Ayam Fillet

Ayam fillet untuk anak usia 2 tahun siap disajikan. Anda dapat memberikannya sebagai lauk pauk dengan nasi atau bisa juga disajikan sebagai finger food. Jangan lupa untuk memberikan sayuran dan buah-buahan sebagai pelengkap agar nutrisi anak tercukupi.

Informasi Tambahan:

- Rating: 5/5

- Waktu Memasak: 20 menit

- Kalori: 180 kalori per porsi

- Waktu Persiapan: 10 menit

- Kategori Resep: Makanan Anak

- Masakan: Indonesia

- Porsi: 2 porsi

- Total Waktu: 30 menit

Penjelasan Lebih Detail:

Persiapan Bahan:

Untuk memulai resep ini, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Dalam hal ini, Anda akan membutuhkan 250 gram daging ayam fillet yang sudah dipotong kecil-kecil. Menggunakan daging ayam fillet akan membuat makanan lebih mudah dikunyah oleh anak usia 2 tahun. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan 2 sendok makan tepung terigu, 1 butir telur yang sudah dikocok lepas, 1 sendok teh bawang putih bubuk, garam secukupnya, dan merica secukupnya. Semua bahan ini akan memberikan rasa dan aroma yang lezat pada ayam fillet.

Mengolah Ayam Fillet:

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mengolah ayam fillet. Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, bawang putih bubuk, garam, dan merica. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Tujuan dari langkah ini adalah untuk memberikan bumbu pada ayam fillet dan membuatnya lebih enak saat digoreng. Setelah itu, masukkan potongan ayam fillet ke dalam campuran tepung terigu tersebut. Pastikan semua bagian ayam terlapisi dengan baik. Anda dapat menggunakan tangan atau sendok untuk memastikan tepung menempel merata pada daging ayam.

Menggoreng Ayam Fillet:

Setelah proses pengolahan, saatnya menggoreng ayam fillet. Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan ayam fillet. Cara terbaik untuk memeriksa kepanasan minyak adalah dengan menguji sedikit tepung terigu yang jatuh ke dalam minyak. Jika tepung terigu langsung mengapung dan berubah warna menjadi keemasan, maka minyak sudah siap digunakan.

Masukkan ayam fillet yang telah dilapisi tepung terigu ke dalam wajan dengan hati-hati. Pastikan tidak terlalu banyak memasukkan ayam sekaligus agar proses penggorengan berjalan dengan baik. Goreng ayam hingga matang dan berwarna keemasan di kedua sisi. Pastikan ayam matang merata dari dalam hingga luar. Jika perlu, putar ayam agar matang sempurna. Setelah matang, angkat ayam fillet dan tiriskan pada tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Sajikan Ayam Fillet:

Setelah ayam fillet matang dan sudah ditiriskan, Anda dapat langsung menyajikannya untuk anak usia 2 tahun. Ayam fillet dapat dijadikan lauk pauk yang cocok disantap bersama nasi. Anda juga bisa menyajikannya sebagai finger food dengan memotong ayam menjadi potongan kecil-kecil. Hal ini akan memudahkan anak untuk menggigit dan mengunyah ayam fillet. Jangan lupa untuk memberikan sayuran dan buah-buahan sebagai pelengkap agar nutrisi anak tercukupi. Anda bisa menambahkan irisan wortel, brokoli, atau potongan buah-buahan segar di samping ayam fillet.

Kesimpulan:

Resep ayam fillet ini merupakan pilihan yang sempurna untuk memberikan anak usia 2 tahun makanan yang sehat dan bergizi. Ayam fillet mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan mengikuti resep ini, Anda dapat memasak ayam fillet yang lezat dan disukai oleh si kecil. Selamat mencoba!

Related video of Resep Ayam Fillet untuk Anak 2 Tahun

Posting Komentar