Resep Ayam Kecap Orang Jawa

Resep Ayam Kecap Orang Jawa

Resep Ayam Kecap Orang Jawa

Hai, penggemar kuliner Indonesia! Kali ini kita akan berbagi resep ayam kecap khas orang Jawa yang lezat dan menggugah selera. Ayam kecap adalah salah satu masakan yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Rasanya yang manis, gurih, dan sedikit pedas membuatnya menjadi favorit banyak orang. Resep ini sangat mudah diikuti, jadi mari kita mulai!

Ingredient

Ayam: Ayam adalah bahan utama dalam resep ayam kecap orang Jawa. Anda dapat menggunakan ayam potong yang sudah siap di pasaran atau memotongnya sendiri sesuai selera. Pastikan ayam yang digunakan segar dan bersih sebelum dimasak.

Kecap manis dan kecap asin: Kecap manis dan kecap asin adalah bumbu utama dalam masakan ini. Kecap manis memberikan rasa manis yang khas, sedangkan kecap asin memberikan rasa gurih. Pilih kecap manis dan kecap asin berkualitas baik untuk hasil yang terbaik.

Bawang putih: Bawang putih merupakan bumbu yang penting dalam resep ini. Bawang putih memberikan aroma dan rasa yang lezat pada ayam kecap. Cincang halus bawang putih agar bumbunya merata saat dimasak.

Daun bawang dan cabai merah: Daun bawang dan cabai merah digunakan sebagai tambahan untuk memberi aroma dan rasa pedas pada ayam kecap. Iris tipis daun bawang dan iris serong cabai merah agar tampilan masakan lebih menarik.

Garam dan merica bubuk: Garam dan merica bubuk adalah bumbu penyedap yang memberikan cita rasa yang lebih mendalam pada masakan. Sesuaikan jumlah garam dan merica bubuk sesuai dengan selera Anda.

Minyak goreng: Minyak goreng digunakan untuk menumis bawang putih dan memasak ayam. Pilih minyak goreng yang sehat dan tahan panas agar masakan lebih berkualitas.

Air: Air digunakan untuk merebus ayam dan meresapkan bumbu ke dalam daging. Pastikan menggunakan air yang cukup agar ayam matang sempurna dan bumbu meresap dengan baik.

Instructions

1. Persiapan awal

Sebelum memulai memasak ayam kecap orang Jawa, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama-tama, pastikan ayam yang digunakan sudah bersih dari bulu dan kotoran. Jika Anda menggunakan ayam utuh, potong ayam menjadi beberapa bagian sesuai selera. Bersihkan ayam dengan air mengalir dan lap hingga kering.

Selanjutnya, siapkan semua bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak. Cincang halus bawang putih, iris tipis daun bawang, dan iris serong cabai merah. Juga, siapkan kecap manis, kecap asin, garam, merica bubuk, minyak goreng, dan air.

2. Menumis bawang putih

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih yang sudah dicincang halus hingga harum. Pastikan untuk tidak membakarnya agar tidak menghasilkan rasa pahit. Tumis bawang putih selama beberapa menit hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan.

3. Memasak ayam

Setelah bawang putih harum, masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Aduk rata hingga ayam berubah warna menjadi kecokelatan. Pastikan semua sisi ayam terkena panas agar matang dengan sempurna. Memasak ayam dalam wajan juga memberikan kesempatan bumbu meresap dengan baik.

4. Menambahkan kecap manis dan kecap asin

Setelah ayam berubah warna, tambahkan kecap manis dan kecap asin ke dalam wajan. Aduk merata sehingga semua potongan ayam terbalut dengan bumbu. Kecap manis memberikan rasa manis yang lezat sedangkan kecap asin memberikan rasa gurih yang khas. Pastikan ayam terendam sepenuhnya dalam kecap.

5. Menambahkan garam dan merica bubuk

Untuk memberikan rasa yang lebih mendalam, tambahkan garam dan merica bubuk ke dalam wajan. Aduk rata agar bumbu merata pada ayam. Sesuaikan jumlah garam dan merica bubuk sesuai dengan selera Anda. Tambahkan sedikit lebih banyak jika Anda menyukai rasa yang lebih gurih dan pedas.

6. Merebus ayam

Setelah semua bumbu tercampur rata, tuangkan air ke dalam wajan. Pastikan air cukup untuk merebus ayam dan meresapkan bumbu ke dalam daging. Biarkan ayam merebus dengan api sedang hingga matang dan bumbu meresap. Aduk sesekali agar bumbu merata pada ayam. Proses perebusan ini akan memastikan ayam menjadi lembut dan empuk.

7. Menambahkan daun bawang dan cabai merah

Saat ayam hampir matang, tambahkan daun bawang yang sudah diiris tipis dan cabai merah yang sudah diiris serong. Aduk sebentar agar daun bawang dan cabai tercampur rata dengan ayam. Daun bawang memberikan aroma segar dan cabai merah memberikan rasa pedas yang sedap. Pastikan tidak terlalu lama memasak daun bawang agar tetap renyah.

8. Siap disajikan

Ayam kecap orang Jawa sudah siap disajikan. Hidangkan dengan nasi hangat dan sayuran sebagai pelengkap. Anda juga dapat menambahkan sambal atau acar sebagai pendamping. Nikmati hidangan ini bersama keluarga atau teman-teman. Rasanya yang manis, gurih, dan sedikit pedas akan menggugah selera Anda!

Aggregate Rating

Rating: 4.5/5

Based on 100 reviews.

Cook Time

30 minutes.

Nutrition Calories

Per serving: 300 calories.

Prepare Time

15 minutes.

Recipe Category

Main Course.

Recipe Cuisine

Indonesian.

Recipe Yield

4 servings.

Total Time

45 minutes.

Conclusion

Ayam kecap orang Jawa adalah hidangan yang menggugah selera dan mudah disiapkan di rumah. Dengan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas, hidangan ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Resep ini dapat dengan mudah diikuti dan bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ayam kecap orang Jawa ini di rumah dan rasakan sensasi kelezatannya!

Related video of Resep Ayam Kecap Orang Jawa

Posting Komentar